Monday, May 6, 2019

Puasa Ternyata dapat Menyembuhkan Asam Lambung


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh penjuru dunia. Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim yang sudah mampu (baligh). Puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena secara tidak langsung puasa dapat membuat pola makan Anda menjadi teratur, serta mengurangi rokok, dan minuman tinggi kafein. Namun tahukah Anda bahwa puasa dapat sembuhkan asam lambung?
Sebagian orang mungkin masih merasa ragu untuk menjalankan ibadah puasa lantaran takut penyakit maag atau kondisi asam lambung mereka semakin parah. Hal tersebut wajar jika membuat penderita maag merasa cemas, lantaran selama puasa mereka tidak bisa makan dan minum ataupun mengonsumsi obat-obatan sekalipun dalam waktu kurang lebih 12 jam. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir, karena puasa ternyata dapat menyembuhkan maag secara perlahan. Bagaimana bisa? Simak penjelasan di bawah ini.
Puasa dapat Menyembuhkan Maag
Pada dasarnya maag (dispepsia) bukanlah merupakan nama dari suatu penyakit, melainkan suatu istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan masalah yang terjadi pada pencernaan, seperti lambung, usus halus, hingga kerongkongan (esofagus). Gejala yang dirasakan saat seseorang mengalami adalah, rasa sakit atau perih di bagian perut atau ulu hati, kembung, mual, muntah, sering bersendawa, mulut terasa pahit, nyeri atau panas di dada.
Bagi Anda penderita maag, jangan lagi Anda berpikir bahwa puasa akan membahayakan kondisi maag yang Anda miliki. Hal tersebut disebabkan karena, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ternyata puasa dapat menyembuhkan maag secara perlahan.
Sebuah penelitian yang dilakukan di Paris, mengungkapkan bahwa ternyata asam lambung yang meningkat hanya akan terjadi pada minggu awal di bulan puasa saja. Setelah itu, kondisi asam lambung akan kembali normal. Hal tersebut disebabkan karena, ketika berpuasa kadar hormon gastrin di dalam tubuh akan membantu menurunkan kadar asam lambung.
Selain itu, selama puasa Anda juga pastinya akan makan dengan teratur, yaitu ketika sahur dan berbuka. Namun, Anda tetap harus menjaga asupan makanan baik ketika sahur maupun buka puasa agar Anda dapat menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh tanpa adanya gangguan kesehatan maupun beban lainnya.
Disqus Comments