Monday, May 13, 2019

Ini DIa Beberapa Faktor yang Menyebabkan Ketiak Gatal


Pernahkah Anda merasa gatal di area ketiak Anda? Gatal di ketiak memang sangat mengganggu dan pastinya membuat Anda merasa tidak nyaman. Salah satu penyebab ketiak gatal adalah adanya ruam di kulit ketiak yang membuatnya terlihat putih, bersisik, atau bergelombang juga disertai warna kemerahan. Rasa gatal yang dialami dapat berlangsung selama beberapa jam atau bahkan hingga beberapa bulan. Jika ruam yang terdapat di kulit ketiak membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, maka hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh kondisi kulit atau gaya hidup Anda, sedangkan ruam yang muncul akibat kondisi cuaca cenderung lebih mudah hilang. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai penyebab gatal-gatal di ketiak. Simak ulasan di bawah ini.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan ketiak terasa gatal :


  • Kebersihan Ketiak Kurang Terjaga



Ketiak merupakan area tubuh yang rentan terhadap bakteri, sehingga bakteri akan hinggap dan menumpuk akibat keringat dan kotoran, sehingga apabila Anda tidak menjaga kebersihan ketiak dengan baik, maka hal tersebut merupakan penyebab utama timbulnya rasa gatal pada ketiak. Orang-orang yang tidak membersihkan ketiaknya lebih dari satu kali sehari, lebih berisiko mengalami gatal-gatal pada ketiak dibandingkan mereka yang rajin membersihkannya.

Baca Juga : Ini yang Terjadi Apabila Pusar tidak Dibersihkan


  • Infeksi Jamur



Rasa gatal di ketiak juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi jamur. Salah satu jamur yang memang biasanya ada pada tubuh adalah Candida albicans. Daya tahan tubuh yang menurun dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebihan, terutama pada bagian tubuh yang lembab, seperti mulut, selangkangan, dan tentunya ketiak. Jamur tersebut dapat menyebabkan kulit ketiak mengelupas dan gatal, bahkan bisa juga menimbulkan ruam merah pada ketiak.


  • Dermatitis Atopik (Eksim)



Eksim merupakan peradangan yang paling mudak muncul pada lipatan kulit, seperti kulit ketiak. Kondisi tersebut kerap menimbulkan rasa gatal serta ruam kemerahan. Meskipun rasanya gatal, sebaiknya Anda tidak menggaruknya sering-sering apalagi menggaruknya dengan keras, karena dapat menyebabkan kulit berdarah atau muncul cairan bening.


  • Dermatitis Seboroik



Dermatitis seboroik merupakan iritasi yang terjadi pada kulit akibat produksi minyak di kulit atau sebum yang berlebihan. Kondisi tersebut dapat membuat serpihan kulit menjadi bewarna putih atau kuning. Dermatitis seboroik dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti udara kering atau dingin, penggunaan obat-obatan tertentu, gangguan kesehatan, hingga stres.


  • Psoriasis



Gatal di ketiak bisa juga disebabkan oleh psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan munculnya kemerahan dan mengkilat di permukaan kulit.

https://lingshenyao.id/pencegahan-kanker-serviks/
Disqus Comments