Tuesday, May 28, 2019

Waspada! 4 Penyakit ini Sering Terjadi saat Mudik


Mudik adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh para perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Di Indonesia sendiri, mudik identik dengan tradisi tahunan yang bisanya dilakukan menjelang hari raya besar keagamaan, misalnya menjelang lebaran yang sebentar lagi terlaksana. Namun tahukah Anda bahwa terapat penyakit rawan saat mudik?

Hal tersebut terjadi karena banyak orang-orang yang mudik dengan menggunakan motor. Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengumumkan empat jenis penyakit yang rawan dialami oleh para pemudik. Selain itu, dikutip dari Motorplus-online dari Warikota, bahwa Dinas Kesehatas kota Bekasi telah menyediakan obat-obatan, juga mengimbau agar para pemudik tetap menjaga stamina dan kebersihan selama mudik.

Berikut ini penyakit yang sering terjadi saat mudik :

  • Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA)


Ketika Anda mudik, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, cuaca ekstrem di siang hari serta paparan debu dan polusi di jalanan dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi saluran pernapasan (ISPA). Apabila dibiarkan, kondisi tersebut mungkin saja menyebabkan sesak napas bahkan pingsan mendadak. Bagi Anda yang mudik menggunakan motor, sebaiknya gunakan masker selama di perjalanan, istirahat jika tubuh mulai terasa lelah, dan konsumsi makanan yang sehat.

  • Dehidrasi


Bagi Anda yang berniat untuk mudik, sebaiknya Anda mempersiapkan segala kebutuhan Anda, khususnya air mineral agar tidak mengalami dehidrasi selama di perjalanan. Kebanyakan pemudik mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan di tubuh. Apabila hal tersebut terjadi, maka dapat menyebabkan kenaikan suhu secara mendadak dan pingsan. Hal tersebut tentu saja berbahaya, terutama untuk pengendara motor.

  • Diare


Selama mudik, masalah pencernaan seperti diare juga tak jarang menghiasi perjalanan Anda. Penyakit diare yang rawan terjadi saat mudik ini biasanya disebabkan karena kurang higenisnya  tangan yang digunakan untuk makan dan makanan yang hendak dikonsumsi. Hal tersebut menyebabkan bakteri penyebab diare, yakni bakteri E. Coli mudah masuk ke saluran pencernaan. Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani dengan baik, maka dapat mengakibatkan demam dan sakit perut yang berkepanjangan.


  • Infeksi Jamur


Infeksi jamur juga merupakan penyakit yang sering terjadi selama mudik. Penyakit ini disebabkan akibat berkeringat selama diperjalanan, sehingga berpotensi timbulnya jamur. Tak hanya itu, penggunaan kloset atau toilet umum juga menjadi salah satu faktor penyebab infeksi jamur. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencari toilet jongkok jika Anda ingin ke toilet di perjalanan mudik Anda.

Selain empat penyakit diatas, mudik juga menyebabkan rasa lelah yang teramat sangat. Tak jarang pemudik memaksakan diri tanpa istirahat, agar cepat sampai ke kampung halaman. Namun, sebaiknya mulai saat ini Anda harus memperhatikan kondisi tubuh Anda, terutama selama mudik.

Disqus Comments