Wednesday, May 1, 2019

Manfaat Kandungan Ikan Mujair untuk Kesehatan


Ikan mujair merupakan ikan yang hidup di perairan air tawar yang menggenang. Anda dapat menemukan ikan mujair di rawa-rawa, waduk,  kolam, telaga, atau perairan air tawar lainnya. Ikan ini memiliki harga yang terjangkau karena keberadaannya yang menyebar secara luas, mudah didapat dan di budidayakan di seluruh Asia. Selain rasanya yang lezat ketika diolah menjadi makanan, kandungan ikan mujair juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda lho! Ikan mujair mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin B12, vitamin B6, vitamin B5, niasin, omega-3, fosfor, kalium dan selenium yang sangat berguna untuk tubuh.

Baca Juga : Khasiat Buah Naga Ungu untuk Kesehatan

Berikut manfaat kandungan ikan mujair yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia :


  • Menurunkan Berat Badan



Ikan mujaer memiliki kandungan protein yang tinggi tetapi rendah kalori dan lemak. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi asupan kalori kedalam tubuh Anda, akan tetapi  tetap mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, ikan mujair kerap dijadikan menu pilihan untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan tanpa menyiksa diri dengan melakukan diet ketat.


  • Baik untuk Tulang



Salah satu kandungan yang terdapat pada ikan mujair adalah fosfor. Fosfor merupakan mineral penting yang berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan materi tulang. Selain itu, fosfor juga merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan kuku dan gigi, agar tetap kuat hingga tua nanti. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan mujair dapat membantu mencegah osteoporosis atau penurunan kepadatan mineral pada tulang, yang sering dialami oleh orang-orang berusia lanjut.


  • Baik untuk Kesehatan Jantung



Ikan mujair merupakan salah satu sumber omega-3 yang baik. Tingginya omega-3 yang terdapat pada ikan mujair dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam sistem kardiovaskular yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mencegah serangan jantung, aterosklorosis, dan stroke. Kalium yang terdapat pada ikan mujair juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.


  • Baik untuk Kesehatan Otak



Omega-3 dan kalium yang terdapat pada ikan mujair sangat bermanfaat bagi kesehatan otak Anda. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kekuatan dan fungsi neurologis otak. Selain itu, kalium juga dapat meningkatkan oksigen ke otak, serta menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh sehingga otak dapat bekerja dengan baik.


  • Mencegah Penuaan Dini



Ikan mujair mengandung selenium yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut berfungsi untuk meremajakan atau merangsanga vitamin C dan E, yang dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas kulit.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-rahim/

Disqus Comments