Thursday, May 9, 2019

Beberapa Hal yang Menyebabkan Susah Bersin


Bersin (sternutasi) merupakan pelepasan udara yang tidak di sengaja dari hidung. Hal tersebut merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan kotoran yang bersarang di saluran hidung Anda. Bersin biasanya kuat dan bisa terjadi kapanpun secara tiba-tiba. Penyebab bersin pun bermacam-macam, bisa karena alergi, influenza, menghirup sesuatu yang menyengat seperi lada bubuk, virus, iritasi, paparan sinar matahari, hingga mencabut alis. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan susah bersin, di antaranya adalah :

  • Rangsangan bersin yang tidak cukup kuat
  • Adanya gangguan pada saraf yang berfungsi untuk mengirim sinyal bersin ke otak
  • Adanya gangguan psikologis, akibat takut dan malu apabila bersin di hadapan banyak orang.
Bersin yang sulit lepas atau tertahan memang sangat mengganggu. Selain itu, menahan bersin juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan memberikan tips untuk mengatasi bersin yang tertahan, di antaranya adalah :

  • Menggunakan Tisu


Menggelitiki hidung dengan gulungan tisu dapat membantu untuk merangsang keluarnya bersin. Caranya adalah dengan menggulung tisu hingga berbentuk runcing, lalu masukkan ke dalam salah satu lubang hidung Anda. Gerakan tisu secara perlahan ke dalam dan keluar lubang hidung hingga terasa sensasi menggelitik. Tindakan tersebut dapat merangsang saraf trigeminal. Namun, Anda harus berhati-hati dalam melakukan tindakan ini, karena apabila Anda memasukan tisu ke lubang hidung terlalu dalam, maka akan menimbulkan rasa sakit.

  • Cabut Bulu Hidung


Dengan mencabut satu helai bulu di dalam lubang hidung dapat membantu Anda untuk merangsang terjadinya bersin. Meskipun bulu hidung lembut, namun kulit di lubang hidung sangat sensitif.

  • Mengendus Parfum


Parfum yang memiliki aroma kuat dapat menyebabkan seseorang bersin. Anda dapat merangsang besin dengan cara menyemproykan parfum tersebut ke udara untuk mengiritasi lapisan hidung. Akan tetapi, jangan sampai Anda menghirup partikel parfum secara langsung, apalagi jika Anda menyemprotkannya secara langsung kedalam lubang hidung.

  • Mengonsumsi Cokelat Hitam


Mengonsumsi cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi dapat membantu merangsang bersin. Meskipun alasan mengenai terjadinya hal tersebut belum pasti, namun para ilmuwan menganggapnya berkaitan dengan alergi. Maka dari itu, cara ini tidak akan bekerja untuk semua orang, namun akan berguna bagi sebagian orang yang terutama jarang mengonsumsi coklat.

  • Menghirup Serbuk Bumbu


Bumbu dapur yang berbentuk serbuk seperti bubuk cabai, lada hitam, jinten, atau ketumbar dapat Anda hirup untuk merangsang bersin. Hal tersebut disebabkan karena, bubuk yang terhirup dapat mengganggu selaput lendir pada hidung yang kemudian menyebabkan terjadinya bersin. Namun, tindakan ini dapat menyebabkan sensasi terbakar di lubang hidung.


Disqus Comments