Sunday, May 19, 2019

4 Gejala yang Dialami Penderita Batu Ginjal


Batu ginjal adalah suatu penyakit yang terjadi akibat adanya endapan keras yang terbuat dari garam dan mineral, sehingga menyerupai batu. Dalam istilah medis, penyakit batu ginjal juga disebut dengan nephrolithiasis. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai hal yang mempengaruhi bagian saluran kemih. Batu ginjal terjadi akibat terlalu banyak mineral tertentu yang terdapat di dalam tubuh, yang mana mineral-mineral tersebut menumpuk di dalam urine. Saat asupan cairan di dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik, maka urin akan menjadi lebih terkonsentrasi pada jenis mineral tertentu yang jumlahnya lebih banyak, sehingga kadar mineral lebih tinggi, dan memungkinkan terbentuknya batu ginjal. Gejala batu ginjal yang paling sering dirasakan adalah timbulnya rasa nyeri ketika buang air kecil, yakni ketika batu ginjal melewati saluran kemih.

Baca Juga : Bahaya Infeksi Saluran Kemih  

Untuk lebih jelasnya lagi, inilah gejala batu ginjal yang perlu Anda ketahui : 


  • Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh 



Penyakit batu ginjal dapat menimbulkan rasa nyeri, mulai dari rasa nyeri yang ringan hingga berat. Batu ginjal yang memiliki ukuran besar lebih mungkin menyebabkan rasa sakit ketika turun ke ureter dan keluar melalui urin. Bagian tubuh yang biasanya terasa nyeri ketika mengalami batu ginjal antara lain adalah, kedua sisi punggung bagian bawah, bagian bawah tulang rusuk, perut bagian bawah, serta daerah selangkangan. Sakit yang dirasakan biasanya timbul dan hilang.


  • Terdapat Darah di Urin 



Gejala lainnya yang dapat dialami oleh penderita batu ginjal adalah, keluarnya darah ketika buang air kecil atau yang dapat disebut dengan hematuria. Warna darah yang keluar bisa berwarna merah muda, merah, hingga coklat. Apabila warna urin Anda coklat atau merah meskipun Anda sudah meminum banyak cairan, bisa jadi Anda mengidap batu ginjal. Jika hal tersebut terjadi, segeralah berkonsultasi kepada dokter. 


  • Nyeri Ketika Buang Air Kecil 



Selain terdapat darah pada urin, batu ginjal juga dapat ditandai ketika timbul rasa nyeri atau adanya sensasi terbakar saat buang air kecil. Hal tersebut disebabkan karena, terdapat batu yang mengganjal di persimpangan antara ureter dan kandung kemih. Rasa nyeri tersebut dapat disebut juga dengan dysuria. Namun, bisa jadi Anda akan salah mengira bahwa Anda mengalami infeksi saluran kemih, padahal Anda tengah mengalami batu ginjal. Meskipun begitu, bisa jadi Anda mengalami keduanya.


  •  Mual dan Muntah 



 Mual dan muntah juga kerap dialami oleh penderita batu ginjal. haltersebut disebabkan karena rasa sakit yang disebabkan oleh penderita batu ginjal, sehingga menyebabkan penderita merasa mual dan ingin muntah. Gejala ini dapat diatasi denan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dan cairan infus.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami-ling-shen-yao/
Disqus Comments