Thursday, May 2, 2019

Efek Samping Konsumsi Buah Leci dengan Cara yang Salah


Buah leci (lychee) adalah buah yang berasal dari pohon Chinensis Litchi yang berasal dari negara China, Taiwan dan negara-negara di Asia Tenggara. Buah leci memimiliki kulit yang berwarna merah dengan tekstur yang kasar, serta memiliki duri-duri kecil yang sedikit menonjol sehingga terlihat seperti buah strawberry. Pada umumnya, masyarakat di Indonesia lebih sering mengonsumsi buah leci yang telah diolah atau yang telah dicampur komponen lainnya, sedangkan konsumsi leci secara langsung mungkin belum terlalu umum.

Buah leci mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan, dengan mengonsumsi sembilan buah leci dalam sehari sudah cukup untuk memenuhi 100% kebutuhan vitamin C di dalam tubuh Anda. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin B6, tembaga, potasium, dan serat. Namun selain memiliki manfaat baik untuk tubuh, buah leci juga mengandung efek samping yang perlu Anda waspadai. Dalam ulasan kali ini kita akan membahas manfaat dan efek samping buah leci untuk tubuh.


Manfaat Buah Leci



Buah leci memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Di antaranya adalah :

  • Menurunkan Berat Badan
Apabila Anda merasa berat Anda berlebihan, maka mengonsumsi buah leci secara teratur dapat dijadikan cara alami untuk menurunkan berat badan Anda. Buah leci merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan serat, yang mana dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga Anda tidak akan makan dalam jumlah berlebih.
  • Menjaga Kesehatan Jantung
Selain kaya akan serat, buah leci juga kaya akan polyphenol yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan jetak jantung, sehingga menurunkan risiko stroke dan penyekit jantung koroner lainnya.
  • Memperkuat Tulang
Buah leci merupakan sumber fosfor dan magnesium yang baik. Kandungan tersebut merupakan mineral yang penting untuk mempertahankan kekuatan tulang. Selain itu, buah leci juga diperkaya dengan tembaga, yang apabila di gabungkan dengan seng maka akan meningkatkan efektifitas vitamin D dalam menyerap kalsium.
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah leci mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, sehingga tidak mudah terserang penyakit.


Efek Samping Buah Leci



Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa buah leci tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong. Hal tersebut disebabkan karena, kandungan gula yang terdapat pada buah leci tergolong sangat tinggi. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah leci dengan keadaan perut kosong dapat mengakibatkan tekanan osmosis darah menjadi tinggi.

Disqus Comments