Thursday, May 16, 2019

Dampak Buruk Marah untuk Kesehatan

dampak buruk marah untuk kesehatan
Akibat Negatif Orang Marah


Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga kesehatan emosional. Perlu Anda ketahui bahwa rasa marah ternyata memiliki dampak yang buruk dilihat dari sisi medis. Dampak marah berlebihan untuk kesehatan adalah, dapat membuat Anda kekurangan energi. Selain itu dampak terburuk dari marah berlebihan adalah, dapat menyebabkan stres pada diri Anda. Stres bukanlah suatu kondisi yang dapat dianggap sepele. Pasalnya, stres dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis. Marah berlebihan juga sangat berbahaya bagi penderita penyakit jantung. mengapa itu semua bisa terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Dampak buruk marah bagi kesehatan

Berikut ini dampak buruk yang akan diterima oleh seseorang ketika marah :

  • Memicu Stres

Ketika Anda marah, secara tidak langsung hal tersebut akan memicu terjadinya stres pada diri Anda. Pasalnya, orang yang marah cenderung lebih sensitif, sehingga jika ada sedikit saja hal yang mengganggunya, maka kemarahannya akan semakin bertambah. Tekanan mental dan emosional ketika marah yang berlebihan lah yang menjadi pemicu stres. Stres sendiri dapat memicu berbagai penyakit serius, seperti depresi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

  • Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan tadi, bahwa marah dapat memicu stres, yang kemudian memicu penyakit lainnya, termasuk memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Hal tersebut disebabkan karena, ketika marah, tekanan darah Anda akan meningkat. Hal tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan pada jantung.

  • Memicu Penyakit Jantung

Marah berlebihan juga dapat memicu penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan karena, ketika Anda marah, jantung Anda akan berdetak lebih cepat, dan apabila hal tersebut terus-menerus meningkat maka bisa menyebabkan serangan jantung.

  • Stroke

Kemarahan dapat memicu tekanan darah naik sangat tinggi. Hal tersebut dapat membuat pembuluh darah di otak pecah, yang menyebabkan terjadinya stroke otak. Stroke otak dapat melumpuhkan bahkan merenggut nyawa Anda seketika.
obat sakit maag alami yang ampuh
Obat Maag Herbal

Baca Juga : Beberapa Faktor Penyebab Stroke

  • Gangguan Pernafasan

Dampak buruk dari marah yang selanjutnya adalah, dapat menyebabkan gangguan pernafasan seperti asma. Hal tersebut disebabkan karena, ketika marah nafas menjadi terengah-engah sehingga menyebabkan Anda kesulitan bernafas.

  • Sakit Kepala

Marah juga dapat menyebabkan sakit kepala. Hal tersebut disebabkan karena, ketika marah pembuluh darah di otak akan berdenyut hebat, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit di kepala. Ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda menenangkan diri Anda dari kemarahan yang melanda.

  • Gangguan Tidur

Ketika marah, hormon di dalam tubuh Anda akan bergejolak sehingga dapat menyebabkan Anda kesulitan untuk tertidur. Hal tersebut menyebabkan Anda tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat, sehingga Anda akan mudah terserang penyakit.
Disqus Comments