Sunday, May 5, 2019

Dampak buruk Mengelupas Kulit Bibir Kering


Bibir kering dan pecah-pecah kerap kali membuat Anda merasa risih. Kondisi tersebut bisa di sebabkan oleh faktor udara yang terlalu dingin, terlalu sering terpapar sinar matahari, atau bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Pada dasarnya kulit bibir lebih tipis dibandingkan dengan kulit wajah, sehingga mudah kering apabila kehilangan cairan. Ketika bibir Anda kering dan pecah-pecah, Anda pasti gatal ingin mengelupaskan kulit bibir yang kering. Namun sebaiknya Anda harus menghilangkan kebiasaan tersebut, karena hal tersebut dapat merusak kesehatan bibir Anda. Dalam ulasan kali ini, kita akan membehas dampak buruk mengelupas bibir kering.

Berikut ini beberapa dampak buruk mengelupaskan kulit bibir kering, yang perlu Anda ketahui :


  • Menyebabkan Iritasi



Ketika bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya Anda tidak mengelupaskan bagian kulit keringnya. Pasalnya, kulit bibir cenderung lebih tipis dan sensitif sehingga apabila Anda mengelupasnya secara sengaja, maka akan membuat bibir Anda terluka dan iritasi.


  • Timbul Rasa Perih di Bibir



Mengelupas kulit bibir yang kering, mungkin menjadi kebiasaan banyak orang karena kulit kering di bibir kerap membuat anda tidak nyaman atau risih. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan hal tersebut kebiasaan. Padahal, mengelupaskan kulit bibir yang kering dapat menimbulkan rasa perih yang luar biasa, bahkan tak jarang bibir akan mengeluarkan darah dan mengakibatkan luka sehingga rasa perih pun semakin menjadi-jadi.


  • Bibir Menghitam



Selain rasa perih yang ditimbulkan, kebiasaan mengelupaskan kulit bibir juga dapat membuat kulit bibir Anda menghitam lho! Hal tersebut disebabkan karena, ketika Anda mengelupaskan kulit bibir yang kering, maka akan menimbulkan luka dan bekas luka itulah yang menyebabkan kulit bibir menghitam.


  • Menyebabkan Lipstik tidak Menempel dengan Sempurna



Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa mengelupaskan kulit bibir yang kering dapat menimbulkan luka, bahkan hingga berdarah. Ketika darah tersebut berhenti keluar, maka luka yang muncul pun perlahan-lahan akan membekas dan menghitam hingga berubah menjadi koreng. Hal tersebut membuat permukaan bibir menjadi tidak rata, akibatnya lipstik pun tidak dapat menempel dengan sempurna. Selain itu, warna lipstik yang Anda gunakan pun tidak akan merata karena adanya bekas luka dan kondisi kulit bibir yang menghitam. Namun, Anda sebaiknya jangan menutupi bekas luka di bibir dengan mengaplikan lipstik berlapis-lapis, karena hal tersebut justru akan menghambat pori-pori di area bibir, sehingga proses penyembuhan pun menjadi lebih lama.

Baca Juga : Penyebab Sariawan Disertai Demam pada Anak


Tips Mencegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah


Untuk menghindari bibir kering dan pecah-pecah, serta menghindari dampak buruk mengelupaskan kulit bibir kering, Anda perlu mencoba hal-hal berikut :

1. Gunakan Lip Balm

Sebelum mengaplikasikan lipstik, alangkah baiknya jika Anda menggunakan lip balm terlebih dahulu agar bibir tidak kering. Akan lebih bagus lagi jika Anda menggunakan lip balm yang mengandung SPF agar bibir terlindungi dari paparan sinar matahari.

2. Eksfoliasi Bibir

Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Anda dapat memijat bibir secara lembut dengan menggunakan lip scrub. Anda juga dapat menggunakan lip scrub dengan bahan alami seperti gula merah atau gula pasir yang ditambahkan dengan madu. Selain itu, minyak kelapa atau minyak almond juga dapat Anda gunakan untuk eksfoliasi bibir. Lakukan eksfoliasi bibir seminggu 2 atau 3 kali.

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/
Disqus Comments