Monday, May 20, 2019

Mengatasi Demam dan Menggigil pada Anak


Kondisi anak yang tengah dilanda demam disertai dengan badan yang menggigil memang kerap membuat para orang tua panik dan khawatir. Menggigil terjadi akibat tubuh berusaha untuk meningkatkan suhu. Penyebab utamanya adalah demam dan infeksi, baik itu infeksi virus maupun bakteri. Saat infeksi terjadi, tubuh akan melepas berbagai mediator inflamasi (peradangan), yang kemudian akan memberi signal pada pusat pegaturan suhu di suatu bagian otak (hipotalamus) untuk meningkatkan suhu tubuh. Hal tersebut membuat tubuh menggigil akibat berusaha membentuk panas, namun hal tersebut bisa juga membuat anak merasa kedinginan, sehingga membutuhkan sesuatu yang hangat. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai cara mengatasi anak menggigil pada malam hari. Simak ulasan berikut.


  • Kompres dengan Air Hangat



Apabila anak menggigil karena demam, Anda dapat mengompresnya dengan air hangat. Meskipun banyak anak yang tidak nyaman akibat kompresan pada dahinya, namun cara ini cukup membantu dalam menurunkan demam pada anak.


  • Seka Bagian Tubuh Tertentu dengan Air Hangat



Selain mengompres anak dengan air hangat, Anda juga dapat menyeka beberapa bagian tubuh anak, seperti leher, ketiak, dan selangkangan anak dengan air hangat. Sediakan air hangat dengan suhu kurang lebih 30 derajat celcius, dan gunakan waslap atau handuk kecil untuk menyeka tubuh anak yang demam.


  • Memeberikan Asupan Vitamin C pada Anak



Ketika anak demam dan menggigil, berilah ia asupan vitamin C yang cukup. Hal tersebut disebabkan karena, vitamin C memiliki sifat anti-radang yang dapat membantu proses penyembuhan demam pada anak yang disebabkan oleh radang. Selain itu, vitamin C juga memiliki manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan produksi sel darah putih. Jika Anda bingung mengenai dosis yang tepat dalam memberikan vitamin C, Anda dapat memberikan vitamin C pada anak sesuai anjuran dokter.


  • Minum Banyak Air Putih Hangat



Minum air hangat dapat membantu tubuh anak agar lebih cepat mengeluarkan panas. Selain itu, banyak mengonsumsi air putih juga dapat mencegah anak dari dehidrasi. Anda juga dapat memenuhi asupan cairan dengan mengonsumsi sup hangat, susu hangat, dan lain sebagainya. Namun, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau coklat agar anak tidak sering buang air kecil dan mengakibatkan kekurangan cairan.

Baca Juga : Ini Dia Alsan Mengapa Anda Cepat Haus

  • Memberikan Makanan Bergizi pada Anak



Pada dasarnya, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih bak saat demam, sehingga dengan memberikan asupan makanan bergizi yang banyak dapat membantu proses penyembuhan. Meskipun anak cenderung tidak nafsu makan saat demam, namun jangan sampai Anda membiarkan perut anak kosong.

https://lingshenyao.id/proses-perawatan-mioma-uteri/
Disqus Comments