Wednesday, May 15, 2019

Jarang Diketahui, Ini Dia Dampak Buruk Minum Air Sebelum Tidur

bahaya minum air malam hari
Minum Air Sebelum Tidur



Bahaya Minum Air Putih Sebelum Tidur. Sebanyak 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Hal tersebut tentunya membuat setiap orang harus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh mereka agar tidak mengalami dehidrasi dan agar fungsi tubuh berjalaan dengan baik. Pada dasarnya manusia harus meminum setidaknya 8 gelas air putih perhari demi kelancaran aktivitas sehari-hari.




Biasanya seseorang akan minum air sebelum tidur agar tidak mudah merasa haus. Namun, pakar kesehatan menganjurkan agar Anda tidak meminum terlalu banyak air sebelum tidur karena hal tersebut memiliki dampak negatif. Mengapa bisa begitu? Simak Penjelasan di bawah ini.


Bahaya Minum Air Putih Berlebihan Sebelum Tidur




Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun jika Anda terlalu banyak minum air putih sebelum tidur, maka hal tersebut dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan, serta  menyebabkan menurunnya kualitas tidur Anda secara signifikan.




Minum air putih berlebihan pada malam hari dapat menyebabkan terjadinya nocturia. Nocturia adalah suatu kondisi, dimana Anda akan mengalami keinginan buang air kecil yang berlebihan. Hal tersebut tentunya menjadi penuebab Anda sering bangun di tengah malam untuk buang air kecil, sehingga kualitas tidur Anda terganggu dan membuat Anda tidak semangat ketika bangun tidur.




obat maag alami dari buah
Obat Maag Herbal


Rasa haus di malam hari memang wajar terjadi, karena pada dasarnya ketika tidur tubuh tidak menerima asupan cairan dalam waktu yang cukup lama, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi apabila Anda tidak minum air sebelum tidur. Meskipun begitu, perlu Anda ketahui bahwa ketika tidur, tubuh juga akan memperlambat berbagai fungsi organ, salah satunya ginjal.

Hal tersebut akan mempengaruhi produksi urin, sehingga menurun dan membuat Anda dapat bertahan untuk tidak buang air kecil hingga pagi hari.



Namun, apabila Anda mengonsumsi terlalu banyak air sebelum tidur, maka tubuh akan kesulitan dalam memperlambat kinerja ginjal, karena ada banyak cairan di dalam tubuh yang harus di proses. Pada akhirnya, produksi urine meningkat dan membuat Anda sering terbangun di malam hari hanya untuk buang air kecil.




Meski terlihat sepela, namun pada kenyataannya nocturia dapat memberikan dampak yang lebih buruk lagi. Hal tersebut disebabkan karena, ketika tubuh terlalu banyak menerima cairan di malam hari, produksi urin akan meningkat dan membuat Anda terbangun di malam hari, sehingga kualitus tidur Anda terganggu. Kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi daya ingat, tingkat konsentrasi dan suasana hati ketika bangun pagi.




Selain kebanyakan minum air, nocturia juga dapat disebabkan oleh kondisi lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, hipertrofi, sembelit, konsumsi obat-obatan tertentu, serta depresi.



Disqus Comments