Sunday, May 12, 2019

5 Tips Agar Tetap Fit saat Puasa


Puasa memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah membantu tubuh untuk melakukan proses pembuangan zat-zat beracun di dalamnya (detoksifikasi) secara alami. Namun, agar proses tersebut berjalan dengan baik, Anda perlu mengimbanginya dengan penerapan pola hidup yang benar dan sehat selama puasa. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan ketika sahur dan berbuka. Hal tersebut penting dilakukan agar puasa tetap fit dan tubuh tetap sehat.

Berikut ini beberapa tips agar puasa berjalan dengan lancar :


  • Jangan Lewatkan Sahur



Sesungguhnya di dalam sahur itu ada keberkahan. Selain itu, sahur juga merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika hendak melakukan ibadah puasa. Ketika melakukan sahur sebelum puasa, maka tubuh Anda akan memiliki asupan energi yang akan digunakan selama seharian hingga waktu berbuka. Maka dari itu, gunakan waktu sahur untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan mineral agar puasa berjalan dengan lancar, tidak mudah lapar dan tubuh pun tidak terlihat lemas.


  • Makan Secukupnya



Waktu berbuka merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadhan. Akan tetapi masih banyak orang yang menerapkan prinsip "balas dendam" ketika berbuka puasa, dimana ia akan mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya. Hal tersebut tentunya akan membuat perut kembung dan begah, sehingga nantinya akan mengantuk dan meninggalkan ibadah shalat tarawih. Maka dari itu, agar hal tersebut tidak terjadi, berbukalah dengan makanan yang secukupnya dan makan secara bertahap, dimulai dari makanan ringan seperti buah-buahan, dan kemudian selang beberapa jam barulah makan besar. 

Baca Juga : Dampak Buruk Konsumsi Gorengan untuk Wajah


  • Penuhi Kebutuhan Cairan



Pada dasarnya sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, sehingga jumlah air yang dibutuhkan memiliki jumlah yang sama dengan air yang terbuang selama berpuasa. Agar tubuh tidak kekurangan cairan, minumlah setidaknya 8 gelas air putih perhari. Anda bisa menerapkan pola minum 2-4-2, yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi.


  • Olahraga



Puasa tentunya bukan untuk dijadikan halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda dapat melakukan olahraga ringan beberapa saat sebelum berbuka atau sesudah berbuka. Olahraga yang disarankan ketika puasa adalah, jaln kaki, jogging, bersepeda atau aktivitas-aktivitas lainnya yang membuat tubuh Anda bergerak.


  • Tidur Secukupnya



Selain menjaga pola makan ketika puasa, Anda juga harus menjaga pola istirahat Anda dengan baik. Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membuat Anda terhindar dari rasa ngantuk dan lemas selama puasa.

https://lingshenyao.id/makanan-pencegah-kanker/
Disqus Comments