Tuesday, April 16, 2019

Tips agar tidak Ngantuk setelah Makan Siang


Tidur setelah makan memang merupakan hal yang nikmat, terutama saat jam makan siang, orang-orang cenderung merasa ngantuk dan tidak bersemangat. Padahal, sebenarnya makan siang dilakukan salah satunya untuk mengembalikan energi, karena tubuh masih harus digunakan untuk bekerja atau beraktifitas. Ngantuk setelah makan sebenarnya merupakan hal yang normal yang dapat terjadi pada siapa saja. Hal tersebut merupakan respon alami tubuh yang terjadi akibat adanya perubahan biokimia didalam tubuh setelah makan. Rasa kantuk setelah makan biasanya disebabkan karena, porsi makan yang terlalu banyak dan menu makanan yang menyebabkan rasa kantuk. Anda tentunya tidak mau terus-menerus merasa ngantuk setelah makan siang. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahas tips hindari kantuk setelah makan. Simak sampai selesai ya...!

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari ngantuk setelah makan :

  • Konsumsi Menu Sarapan yang Sehat


Menu sarapan yang Anda konsumsi ternyata dapat berpengaruh terhadap kinerja tubuh seharian. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak asal dalam memilih menu sarapan, pilihlah menu sarapan yang sehat seperti yoghurt, sereal atau buah-buahan. Hal tersebut mampu mencegah penurunan energi dan dapat meningkatkan kinerja fisik serta pikiran saat Anda beraktivitas.

Baca juga : Tips Mengecilkan Ukuran Miom Saat Hamil

  • Makan dengan Porsi Sedikit tapi Sering


Rasa kantuk yang timbul setelah makan paling sering disebabkan akibat mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Akan lebih baik jika Anda tidak membiarkan perut Anda kosong lebih dari 3 jam, karena hal tersebut dapat mengganggu kestabilan gula darah dalam tubuh Anda. Gula darah yang rendah tentunya dapat membuat tubuh terasa lemas dan mengakibatkan rasa ngantuk.

  • Banyak Minum Air Putih


Salah satu penyebab ngantuk setelah makan adalah dehidrasi. Hal tersebut disebabkan karena, pada dasarnya tubuh membutuhkan cairan agar dapat berfungsi dengan baik, terutama untuk mencerna makanan. Itulah sebabnya mengapa Anda harus banyak minum air putih setelah makan.

  • Hindari Makanan Berlemak Tinggi


Saat hendak makan siang, sebaiknya Anda memilih menu makanan yang tidak mengandung lemak tinggi dan pemanis buatan. Meskipun dapat menigkatkan energi, namun gula hanya bersifat sementara dan justru akan membuat Anda merasa lemah dan letih setelahnya. Pilihlah menu makanan yang mengandung protein tinggi dan karbohidrat kompleks, seperti daging, telur dan kacang-kacangan.

  • Lakukan Olahraga Kecil Setelah Makan


Setelah selesai menyantap makanan, tunggu selama kurang lebih 15 menit agar makanan dapat dicerna dengan baik. Setelah itu, lakukan olahraga-olahraga ringan seperti jalan-jalan kecil atau push up agar kadar oksigen dalam darah meningkat dan energi dalam tubuh pun bertambah.

https://lingshenyao.id/obat-miom-herbal/
Disqus Comments