Wednesday, April 3, 2019

Beberapa Faktor Penyabab Vertigo Kambuh


Vertigo merupakan sutau kondisi, dimana penderitanya mengalami gejala berupa pusing yang membuat tempat sekelilingnya terasa berputar. Penyakit ini, biasanya terjadi secara tiba-tiba dan dapat kambuh kapan saja. Berdasarkan penyebabnya, vertigo dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer merupakan vertigo yang sering terjadi, penyebabnya adalah adanya gangguan pada bagian dalam telinga. Sedangkan vertigo sentral merupakan vertigo yang tergolong parah, hal ini disebabkan karena adanya gangguan pada otak atau sistem syaraf pusat.

Penyebab umum dari vertgo adalah Benign Paroxysmal Position Vertigo (BPPV), yaitu suatu istilah yang merujuk pada timbulnya sensasi berputar-putar di kepala secara tiba-tiba. Serangan vertigo yang disebabkan oleh BPPV tersebut biasanya tidak berlangsung lama, yaitu sekitar beberapa detik hingga paling lama dalam  beberapa menit. Orang yang terserang vertigo, biasanya akan mengalami pusing dan kehilangan keseimbangan selama beberapa menit atau bahkan jam sesudah serangan tersebut. Penyebab vertigo kambuh yang berkaitan dengan BPPV adalah, terlepasnya kristal kalsium karbonat pada lapisan saluran telinga bagian dalam. Gangguan vertigo akan muncul ketika pecahan-pecahan kristal tersebut masuk ke salah satu kanal yang berisi cairan telinga. Hal tersebut menyebabkan pecahan kristal akan tersapu saat kepala bergerak, sehingga dapat menyebabkan kebingungan pada otak.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Kista Berdasarkan Jenisnya

Berikut ini beberapa faktor vertigo kambuh :

  • Berdiri Secara Tiba-Tiba


Berdiri secara tiba-tiba dari posisi duduk atau jongkok, dapat memicu kambuhnya vertigo. Hal tersebut disebabkan karena, berdiri secara tiba-tiba dapat membuat keseimbangan seseorang terganggu untuk sementara waktu. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh orang-orang yang berusia diatas 50 tahun.

  • Mendongak Secara Tiba-Tiba


Mendongak secara tiba-tiba merupakan faktor penyebab vertigo kambuh yang paling sering terjadi. Gejala vertigo yang dirasakan berupa, serangan vertigo yang relatif singkat, intens dan berulang-ulang serta gejala seperti pusing, mual dan limbung juga dapat dirasakan dalam waktu yang singkat.

  • Pilek atau Flu


Vertigo bisa juga kambuh disaat seseorang terkena pilek atau flu. Vertigo ini, biasanya disebabkan oleh labirinitis, yaitu peradangan akibat infeksi yang terjadi pada labirin (saluran berliku-liku dan dipenuhi cairan yang terdapat pada bagian dalam telinga) yang berfungsi untuk mengendalikan pendengaran dan keseimbangan tubuh. Labirinitis dapat menyebabkan kebingungan paada otak akibat terjadinya perbedaan informasi yang dikirim dari telinga yang terasa sakit, telinga sehat dan mata sehingga terjadilah vertigo.

  • Migrain


Migrain atau sakit kepala sebelah juga dapat memicu vertigo kambuh. Kondisi ini bahkan dapat menyebabkan munculnya vertigo pada orang-orang yang tidak memiliki riwayat penyakit ini sebelumnya. Kambuhnya vertigo yang dipicu oleh migrain biasana terjadi pada orang-orang yang masih muda. Gejala yang muncul berupa sakit kepala sebelah, mual, muntah dan juga rasa sensitif terhadap cahaya (fotophobia).

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/
Disqus Comments