Sunday, April 14, 2019

Penyebab Terjadinya Diare


Apa Anda pernah mengalami diare? Diare sendiri merupakan, suatu kondisi dimana penderitanya buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya. Hal tersebut disebabkan karena, kondisi tersebut memicu gerak peristaltik usus menjadi lebih cepat, sehingga pengeluaran buang air besar menjadi lebih encer dan dalam jumlah yang lebih banyak. Kondisi ini biasanya terjadi hanya dalam beberapa hari saja. Akan tetapi dalam kasus tertentu, diare  dapat berlangsung hingga berminggu-minggu. Diare bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Penyebab penyakit diare bermacam-macam, mulai dari penerapan gaya hidup yang tidak sehat hingga adanya tanda-tanda penyakit serius. Akan tetapi, masih ada orang yang menyepelekan penyakit ini. Padahal apabila penyakit ini dibiarkan terus-menerus tanpa diobati, justru akan berujung pada timbulnya komplikasi.

Baca Juga : Penyebab Muntah Darah Karena Maag Dan Cara Mengatasinya

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa penyebab penyakit diare yang perlu Anda ketahui :

  • Intoleransi terhadap Makanan


Salah satu penyebab diare adalah ketika tubuh Anda mengalami penolakan pada beberapa makanan tertentu (intoleransi makanan). Hal tersebut terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat mencerna makanan-makanan tersebut. Nah, makanan tersebutlah yang menyebabkan terjadinya diare, mual, perut kembung, dan kram. Intoleransi terhadap makanan ini, terjadi ketika tubuh Anda tidak memiliki enzim khusus yang bisa mengurangi makanan tersebut karena adanya kondisi kesehatan tertentu. Intoleransi makanan yang paling sering dialami adalah intoleransi terhadap laktosa (gula alami yang terdapat pada produk susu) atau gluten (protein alami yang terdapat pada gandum dan produk olahannya).

  • Infeksi Virus


Diare juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi virus, seperti infeksi virus norovirus dan rotavirus. Kedua jenis virus tersebut dapat menular dengan sangat mudah dari satu orang ke orang lainnya. Penggunaan alat makan serta kontak fisik secara langsung dengan seseorang yang terkontaminasi virus tersebut dapat menyebabkan Anda terinfeksi virus tersebut.

  • Infeksi Bakteri


Terdapat beberapa macam bakteri yang dapat menginfeksi tubuh Anda dan menyebabkan diare. Bakteri tersebut biasanya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi, juga adanya kontak fisik dengan orang yang telah terinfeksi. Jika sistem kekebalan tubuh Anda lemah atau sedang menurun maka mungkin saja Anda dapat terinfeksi penyakit diare.

  • Obat-Obatan Tertentu


Penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab terjadinya diare. Salah satu jenis obat yang memicu penyakit ini adalah antibiotik. Meskipun, pada dasarnya antibiotik dapat membunuh bakteri jahat, tetapi obat ini juga dapat membunuh bakteri baik yang berfungsi untuk melindungi usus. Selain antibiotik, obat kanker, obat tekanan darah dan obat antasida juga dapat memicu penyakit diare. Jika Anda mengalami diare yang disebabkan oleh obat-obatan ini, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/
Disqus Comments