Wednesday, April 10, 2019

Olahraga Mudah untuk Penderita Diabetes


Salah satu cara agar terhindar dari berbagai macam penyakit adalah dengan berolahraga. Olahraga secara rutin merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk Anda yang memiliki riwayat diabetes. Olahraga untuk diabetes dapat membantu peningkatan sensitivitas insulin dan menjaga glukosa darah (gula darah) pada penderita diabetes, agar tetap terkendali. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi risiko obesitas pada penderita diabetes tipe 2. Pada dasarnya, ketika olahraga tubuh membutuhkan energi yang lebih. Hal tersebut menyebabkan otot-otot pada tubuh menyerap glukosa, sehingga akan membantu mengurangi kadar gula darah. Lalu apa saja olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita diabetes? Simak ulasan dibawah ini!

Berikut berbagai macam olahraga mudah dan sederhana yang dapat dilakukan penderita diabetes :

Baca Juga : 3 Tanaman obat ini dapat digunakan untuk mengobati diabetes

  • Jalan Cepat


Aktivitas seperti jalan cepat bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja, termasuk untuk Anda yang menderita diabetes. Selain mudah untuk dilakukan, olahraga ini juga merupakan bentuk latihan aerobik yang berguna untuk meningkatkan denyut jantung sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

  • Bersepeda


Selain jalan cepat, bersepeda juga merupakan bentuk latihan aerobik yang dapat meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kinerja paru-paru. Tak hanya itu, bersepeda juga dapat melancarkan aliran darah ke kaki serta membakar kalori agar berat badan tetap terjaga.

  • Berenang


Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang paling tepat untuk penderita diabetes. Hal tersebut disebabkan karena, berenang  tidak memberikan tekanan pada sendi. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu dalam membakar kalori, mengurangi tingkat stres dan menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

  • Yoga


Olahraga yang berkaitan dengan kelenturan, kekuatan dan keseimbangan ini juga cocok untuk Anda yang memiliki riwayat diabetes. Selain dapat melawan resistensi insulin dan memperbaiki kadar gula darah yang meningkat, olahraga ini juga dapat membantu menghilangkan stres dan memperbaiki fungsi saraf pada penderita diabetes. Anda juga dapat melakukan olahraga ini sesering mungkin, sesuai keinginan Anda.

  • Angkat Beban


Angkat beban merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Hal tersebut disebabkan karena, tujuan utama dari olahraga ini adalah untuk meningkatkan massa otot. Ketika massa otot bertambah, maka gula darah akan lebih mudah dikendalikan. Namun, sebelum Anda melakukan olahraga ini, ada baiknya Anda mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu, sebab olahraga ini cukup berisiko dalam terjadinya cedera.

https://lingshenyao.id/obat-endometriosis-herbal/
Disqus Comments