Sunday, April 21, 2019

Tips Menghilangkan Rasa Pahit di Lidah Saat Sakit


Ketika sakit, rasa pahit di mulut memang sangat mengganggu dan dapat menghilangkan nafsu makan Anda. Ada banyak penyebab rasa pahit dimulut, salah satunya yang paling umum adalah akibat naiknya asam lambung. Selain itu, efek samping konsumsi obat-obatan serta kebersihan mulut dan gigi juga merupakan salah satu penyebab terjadinya rasa pahit di mulut. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas cara menghilangkan rasa pahit di lidah saat sakit. Simak hingga selesai ya..!

Berikut ini, tips Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut :

  • Banyak Minum Air Putih


Rasa pahit di mulut paling sering diakibatkan oleh asam lambung yang naik. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda banyak mengonsumsi air putih, karena hal tersebut dapat pengurangi kadar asam lambung serta membuang racun di mulut Anda.

Baca Juga : Buah-buahan untuk anda yang mempunyai asam lambung

  • Jaga Kebersihan Mulut dengan Baik


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa salah satu penyebab mulut terasa pahit adalah kebersihan mulut yang tidak baik. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Cukup dengan menikat gigi dua kali sehari, yakni ketika bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Selain itu, biasakan untuk membersihkan sela-sela gigi (flossing gigi) setidaknya sekali sehari.

  • Kumur-Kumur dengan Larutan Soda Kue


Rasa pahit dimulut dapat diatasi dengan berkumur-kumur dengan air larutan soda kue. Hal tersebut disebabkan karena, soda kue atau baking soda dapat membantu menetralkan rasa pahit di mulut Anda. Caranya adalah, dengan melarutkan 1/4 sendok teh soda kue dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air (lebih disarankan air hangat). Kemudian gunakan air tersebut untuk kumur-kumur, setelah itu bilas kembali dengan air bersih.

  • Bersihkan Lidah


Membersihkan lidah dengan pembersih khusus lidah secara perlahan juga dapat membantu mengatasi rasa pahit di mulut Anda. Hal tersebut disebabkan karena, lidah juga dapat menjadi tempat menumpuknya bakteri selain pada gusi dan gigi. Bakteri yang bersarang di lidah akan mengakibatkan bau mulut dan berujung pada masalah kesehatangigi dan mulut lainnya.

  • Makan Buah Jeruk


Rasa pahit di mulut dapat juga diatasi dengan mengonsumsi buah jeruk atau lemon. Buah-buahan seperti jeruk dan lemon memiliki rasa asam yang tajam sehingga dapat membantu menstimulasi indera perasa Anda.

  • Kunyah Permen Karet


Mengunyah permen karet juga merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pahit di mulut. Akan lebih baik jika Anda mengunyah permen karet yang bebas gula.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kista/
Disqus Comments