Monday, April 29, 2019

Menambah Nafsu Makan dengan Ketumbar


Ketumabar merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun, selain itu ketumbar juga memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satu manfaat dari ketumbar adalah dapat menambah nafsu makan. Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk Anda yang memiliki masalah pada nafsu makan, khususnya untuk anak-anak yang susah makan. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan ketumbar untuk meningkatkan nafsu makan. Selain ketumbar, bahan alami lain yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan nafsu makan adalah, kunyit, daun sirsak dan buah nanas.

Selain dapat meningkatkan nafsu makan, ketumbar juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan, di antaranya adalah :

Baca Juga : Berbagai Tumbuhan Herbal Untuk Atasi Asam Urat


  • Mengatasi Gangguan Pencernaan



Selain dapat menambah nafsu makan, ketumbar juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan. Perawatan dengan menggunakan ketumbar secara rutin dapat membantu mengatasi sindrom iritasi usus besar. Selain itu, ketumbar juga dapat mengatasi masalah pencernaan lain, seperti perut kembung, diare, cacingan dan sembelit. Hal tersebut disebabkan karena, biji ketumbar mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu pergerakan usus dan memproduksi enzim pencernaan.


  • Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat



Manfaat lain dari ketumbar untuk kesehatan adalah, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah dapat membentuk plak yang kemudian akan menghambat peredaran darah, sehingga mengganggu fungsi jantung. Maka dari itu, rebusan air ketumbar juga dipercaya untuk menjagaa kesehatan jantung.


  • Mengatasi Wasir



Ketumbar juga dipercaya dapat mengatasi penyakit wasir. Seperti yang sudah diketahui, bahwa ketumbar bermanfaat dalam mengatasi sembelit, yang merupakan salah satu penyebab wasir. Sifat analgesik yang dimiliki oleh ketumbar juga dapat melancarkan buang air besar dan meredakan nyeri akibat wasir.


  • Baik untuk Penderita Diabetes



Selanjutnya, manfaat dari ketumbar yang tak boleh dilewatkan adalah, baik untuk penderita diabetes. Ketumbar memiliki serat tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah (glukosa darah), sehingga baik untuk dikonsumsi olen penderita diabetes. Meskipun begitu, penderita diabetes juga haus tetap memeriksa kadar gula darah mereka secara rutin, agar mengetahui seberapa efektifnya ketumbar dalam menurunkan gula darah.


  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut



Manfaat ketumbar yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal tersebut disebabkan karena, ketumbar memiliki sifat anagetik yang dapat membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat antibakteri yang baik untuk menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut, sehingga bakteri tidak menumpuk di dalam mulut.

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/
Disqus Comments