Tuesday, April 9, 2019

Efek Samping Omega-3 yang Perlu Anda Ketahui


Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah omega-3. Omega-3 terdapat pada minyak ikan, sehingga satu-satunya cara untuk mendapatkan nutrisi tersebut adalah dengan mengonsumsi berbagai macam ikan, seperti ikan tuna, salmon dan lain-lain. Selain omega-3, minya ikan juga mengandung vitamin A dan vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Saat ini, minyak ikan terbilang mudah untuk didapatkan dan dapat Anda konsumsi secara bebas. Akan tetapi, Anda harus tetap membatasi konsumsi minyak ikan. Hal tersebut disebabkan karena, konsumsi minyak ikan dalam jangka waktu lama atau dalam takaran yang tinggi dapat menimbulkan efek samping yang buruk untuk kesehatan Anda. Dibawah ini kita akan menjelaskan efek samping omega-3, yang perlu Anda ketahui.

Berikut ini efek samping akibat konsumsi minyak ikan berlebihan :

Baca Juga : Ini Dia Efek Samping Buah Naga untuk Asam Lambung

  • Pelapukan Tulang


Minyak ikan yang dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, dapat membantu proses pembetukan tulang dengan baik. Akan tetapi, lain halnya apabila Anda mengonsumsi minyak ikan dengan takaran yang tidak jelas atau berlebih. Hal tersebut akan menyebabkan penumpukan kalsium di area tulang lunak, yang mengakibatkan terjadinya pelapukan tulang yang tidak sehatusnya terjadi, apalagi pada mereka yang masih dalam usia pertumbuhan.

  • Pendarahan


Mengonsumsi minyak ikan berlebih dapat menyebabkan terjadinya pendarahan. Hal tersebut disebabkan karena, kadar asam lemak omega-3 yang terdapat pada minyak ikan dapat menyebabkan terjadinya tekanan pada sistem pembuluh datah. Tekanan tersebut dapat mengakibatkan pendarahan hebat yang bisa terjadi secara tiba-tiba, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah.

  • Melemahkan Imun Tubuh


Imunitas atau sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu sistem metabolisme dalam tubuh yang berperan untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi yang akan menyerang tubuh itu sendiri. Kadar asam lemak omega-3 yang berlebih dapat membuat imunitas melemah sehingga dapat berpengaruh terhadap organ tubuh yang lainnya.

  • Keracunan Vitamin


Minyak ikan mengandung beberapa jenis vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi, Anda sebaiknya lebih jeli dalam memilih minyak ikan. Hal tersebut disebabkan karena, ada beberapa jenis minyak ikan yang justru mengandung senyawa beracun yang menyebabkan vitamin yang masuk kedalam tubuh menjadi tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, mengonsumsi minyak ikan yang mengandung racun juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda.

  • Alergi


Bagi Anda yang memiliki riwayat energi, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam mengonsumsi minyak ikan. Konsumsi minyak ikan berlebih dapat menyebabkan alergi lebih parah jika tidak ditangani dengan baik. Selain alergi, peringatan untuk tidak mengonsumsi minyak ikan secara berlebih juga ditujukan kepada mereka yang mengidap inveksi virus HIV atau AIDS, karena dapat berdapak buruk untuk keseimbangan hormonal.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kista/
Disqus Comments