Thursday, April 25, 2019

Cara Ampuh Cegah Diabetes dengan Mudah


Diabetes memang bukan merupakan suatu penyakit yang dapat disembuhkan secara total. Penyakit ini juga dapat menyebabkan komplikasi hingga kematian. Namun Anda jangan putus asa dulu, karena diabetes dapat dikontrol dengan menjaga kadar gula darah Anda. Dalam artikel ini kita akan membahas cara mudah dan ampuh untuk mencegah diabetes.

Berikut ini cara ampuh cegah diabetes yang mudah dilakukan :


Olahraga


Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Manfaat olahraga terutama untuk penderita diabetes adalah, dapat membantu menjaga berat badan ideal (agar tidak mengalami obesitas), menurunkan gula darah, serta membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik sehingga Anda menerima lebih banyak energi.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan jalan kaki, berenang atau bersepeda di sekitar rumah. Intinya buat tubuh Anda aktif untuk bergerak. Anda bisa melakukan pekerjaan rumah atau berkebun agar tubuh aktif bergerak.

Lakukan olahraga secara teratur, yaitu minimal tiga kali dalam seminggu selama kurang lebih 30 menit. Apabila kadar gula darah Anda kurang dari 100, maka makan lah apel atau minum segelas susu sebelum Anda berolahraga atau Anda bisa membawa camilan ketika berolahraga agar gula darah tetap stabil.


Makan Makanan Bergizi


Untuk mencegah diabetes, Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi setiap hari. Makanan tersebut adalah makanan yang rendah lemak dan kalori, sehingga kadar gula darah akan tetap stabil. Berikut makanan bergizi untuk penderita diabetes :

  • Makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti nasi merah dan kentang panggang.
  • Makanan yang terbuat dari biji-bijian, seperti oatmeal, sereal,biji-bijian utuh dan roti.
  • Daging tanpa lemak, yang diolah dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang.
  • Ganti gula dengan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin, agar gula darah tetap terjaga.
  • Sayuran yang diolah dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang.
  • Buah-buahan segar. Anda dapat mengolah buah-buahan menjadi jus tanpa menambahkan gula.
  • Kacang-kacangan
  • Susu rendah lemak
  • Ikan (seperti ikan salmon, tuna, sarden dan makarel.

Istirahat Cukup


Mendapatkan istirahat yang cukup merupakan salah satu hal yang dapat mencegah diabetes. Hal tersebut disebabkan karena, kurangnya mengistirahatkan tubuh dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan meningkatnya insulin dan mengakibatkan ketidak seimbangan gula darah. Selain itu, kurang istirahat juga membuat nafsu makan Anda menjadi tidak terkendali.

Pantau Gula Darah Setiap Hari


Dengan mengetahui kadar gula darah dalam tubuh, akan semakin mempermudah Anda dalam mencegah atau mengatasi diabetes. Pemeriksaan ini, akan memberi tahu kadar gula darah Anda secara real time. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, sebaiknya Anda memiliki alat untuk memeriksa kadar gula darah di rumah.

Disqus Comments