Thursday, April 11, 2019

Manfaat Cabe untuk Penderita Kanker


Apakah Anda menyukai makanan pedas? Apakah pernah bertanya-tanya, sebenarnya apa manfaat cabe? Perlu Anda ketahui, dibalik penampilanya yang unik dan rasanya yang pedas, ternyata cabe merupakan salah satu jenis sayuran. Selain itu cabe juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, diantaranya vitamin A, C, B6, dan K6, potassium, beta karoten, antioksidan dan capsaicin. Cabe ternyata memiliki manfaat yang tak terduga, yaitu manfaat cabe untuk penderita kaner. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa, mengonsumsi cabe dapat membantu dalam melawan sel kanker yang menyebabkan sel-sel penyakit berbahaya tersebut tidak dapat tumbuh lama. Kandungan capsaicin yang dimiliki oleh cabe, merupakan zat aktif yang berguna dalam melawan sel-sel kanker, terutama kanker payudara dalam tubuh.

Meskipun begitu, capsaicin tidak akan bekerja dengan baik apabila dimakan atau disuntikan ke tubuh secara langsung. Zat tersebut akan bekerja apabila di gabungkan dengan obat-obatan lain yang dapat membasmi sel kanker. Capsaicin dapat menginduksi apotosis atau kematian sel, ketika zat ini mencapai sel kanker, maka bahan pedas yang terdapat didalamnya akan menempel ke tepi sel yang disebut membran sel pada reseptor sel yaitu TRPVI. TRPVI merupakan reseptor yang mengendalikan zat seperti kalsium dan natrium yang berada pada sel kanker. Ketika capsaicin bekerja, sel kanker dapat merusak diri mereka sendiri. Hal tersebutlah yang membuat se kanker banyak yang mati ,sehingga pertumbuhan tumor dapat dihentikan.

Baca Juga : Pentingnya Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini

Selain bermanfaat dalam membunuh sel kanker, cabe masih memiliki manfaat lain. Diantaranya adalah :

  • Detoksifikasi


Cabe juga bermanfaat dalam melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan zat-zat yang tidak terpakai didalam tubuh. Selain itu, cabe dapat meningkatkan pasokan nutrisi ke dalam jaringan tubuh.

  • Menurunkan Berat Badan


Selain dapat membantu melawan sel kanker, capsaicin yang terkandung dalam cabai juga dapat mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukan bahwa, 10 gram cabe merah dapat membantu proses pembakaran lemak baik pada wanita maupun pria. Namun tidak semua penelitian mengatakan hal yang sama. Ada juga penelitian yang menyebut bahwa cara ini tidak efektif, bahkan menyebutkan bahwa cara ini tidak bekerja sama sekali.

  • Melancarkan Pernapasan


Cabe dipercaya dapat memperluas saaluran napas di pau-paru, sehingga dapat mengurangi risiko asma. Hal tersebut disebabkan karena, vitamin A yang terdapat pada cabai dapat mengurangi radang paru-paru akibat merokok.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/
Disqus Comments