Monday, April 22, 2019

Bahaya Kelebihan Potasium


Potasium atau kalium merupakan mineral yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Asupan potasium yang tercukupi di dalam tubuh dapat mencegah datangnya penyakit. Manusia membutuhkan 100 mg potasium setiap harinya agar aktivitas tubuh berjalan dengan baik. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih jelas mengenai manfaat potasium untuk tubuh serta bahaya potasium apabila dikonsumsi secara berlebih.

Berikut, manfaat potasium untuk kesehatan tubuh :

  • Menjaga Keseimbangan Cairan di Dalam Tubuh


Perlu Anda ketahui, bahwa jumlah cairan dalam tubuh dipengaruhi oleh banyaknya elektrolit dari potasium dan natrium. Potasium merupakan elektrolit utama yang menentukan jumlah cairan di dalam sel, sedangkan natrium merupakan elektrolit utama yang menentukan jumlah cairan di luar sel. Jumlah elektrolit yang terdapat dalam cairan luar dan dalam sel harus seimbang. Akan tetapi, ketika jumlah elektrolit dalam cairan salah satu sel tidak merata, maka cairan dari luar atau dalam sel akan mengisi kebagian cairan lainnya yang kurang sehingga jumlah cairan tetap seimbang.

  • Menjaga Kesehatan Tulang


Salah satu masalah pada kesehatan tulang adalah osteoporosis, yaitu suatu kondisi dimana tulang mengalami pengeroposan yang disebabkan karena kekurangan kadar kalsium di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian dari Institute Medical and Veterinary di Adelaide, Australia, menunjukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium dapat membantu mencegah osteoporosis dengan cara meminimalisir kalsium yang hilang dan terbuang melalui urin.

Baca Juga : Ini Dia Khasiat Rebung yang Jarang Diketahui

  • Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke


Seseorang yang mengonsumsi kalium dalam jumlah yang tepat setiap hari, memiliki risiko yang leih redah terkena penyakit jantung dan stroke. Stroke sendiri terjadi akibat kekurangan aliran darah ke otak.

  • Meningkatkan Kinerja Fungsi Saraf Tubuh


Sistem saraf di tubuh berfungsi untuk menyampaikan pesan dari tubuh ke otak. Pesan-pesan tersebut disampaikan dalam bentuk impuls saraf. Salah satu contohnya adalah membantu mewujudkan kontraksi otot tubuh agar jantung berdetak. Impuls saraf tersebut dihasilkan oleh ion natrium yang begerak ke dalam sel, sedangkan ion potasium bergerak keluar sel. Pergerakan kedua ion tersebut dapat mengubah tegangan sel untuk mengaktifkan impuls saraf. Apabila kadar potasium dalam tubuh menurun, maka kemampuan tubuh dalam menghasilkan impuls saraf menjadi turun.

Bahaya Potasium Apabila Dikonsumsi Berlebih :

Meskipun potasium merupakan mineral yang sangat penting untuk tubuh, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Hal tersebut disebabkan karena, kelebihan potasium dapat menyebabkan hiperkalemia. Kadar kalium yang normal pada darah adalah 3.5 hingga 5 mmol/L (milimol per liter). Apabila kadar kalium dalam darah lebih dari 7 mmol/L, maka akan berbahaya dan menimbulkan gejala hiperkalemia, seperti mual-mual, kelelahan dan kelemahan otot. Dalam kondisi yang serius, hiperkalemia dapat menyebabkan komplikasi serius yang membahayakan nyawa, yakni perubahan ritme jantung (aritma jantung).

https://lingshenyao.id/beli-obat-online/
Disqus Comments