Thursday, March 28, 2019

Penyebab Sariawan Disertai Demam pada Anak


Sariawan merupakan suatu kondisi, dimana terjadinya peradangan pada lapisan jaringan yang berada di dalam mulut. Sariawan biasanya terjadi di bibir, gusi, lidah dan dasar mulut. Hal yang ditimbulkan dari sariawan adalah rasa nyeri, pembengkakkan, kemerahan dan terkadang muncul pendarahan. Hal tersebut disebabkan karena, keadaan mulut yang tidak bersih, terbakar makanan atau minuman yang terlalu panas dan bisa juga terjadi karena reaksi alergi.

Terdapat dua tipe sariawan yang paling sering dialami anak-anak, yang pertama herpes stomatitis yang disebabkan oleh virus herves simpleks, dan yang kedua stomatitis aftosa dimana sariawan jenis ini sering dihubungkan dengan sariawan pada penderita kanker. Anak dapat terkena beberapa tipe sariawan dan mengalaminya beberapa kali. Untuk sariawan herpes sendiri dapat terjadi pada anak berumur 6 bulan sampai 5 tahun, tapi lebih sering pada umur 1 sampai 2 tahun yang belum pernah terkena virus herpes. Sedangkan stomatitis aftosa lebih sering dialami oleh anak wanita yang berusia 10 sampai 19 tahun.

Sariawan disertai demam pada anak mungkin merupakan tanda dari herpes stomatitis. Gejala dari herpes stomatitis adalah, demam dari 38,3 Hingga 40°C yang muncul 1-2 hari sebelum sariawan terjadi, anak menjadi rewel, lemah dan terdapat luka-luka kecil di mulut. Sedangkan gejala pada stomatitis aftosa adalah, rasa terbakar dan tidak nyaman di mulut, bercak seperti kulit pada selaput lendir mulut disertai dengan bintik merah atau bengkak.

Baca Juga : 5 Penyebab Penyakit Maag Kronis yang Perlu Kamu Waspadai

Berikut ini penyebab lain terjadinya sariwan pada Anak yang perlu Anda ketahui :

  • Infeksi Virus


Sariawan dapat disebabkan karena inveksi virus, seperti virus herpes dan virus flu singapura, yang dapat menyebabkan penyakit di kaki, tangan dan mulut. Sariawan yang disebabkan oleh infeksi virus ini, biasanya ditandai dengan demam dan tidak enak badan dalam beberapa hari.

  • Kekurangan Vitamin


Kekurangan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin B juga dapat menyebabkan sariawan pada Anak. Maka dari itu, jaga asupan nutrisi anak Anda agar selalu tercukupi.

  • Jamur


Jamur merupakan penyebab munculnya bercak-bercak putih yang sulit dihilangkan pada lidah, gusi dan pipi bagian dalam. Bercak putih ini apabila dibiarkan tumbuh semakin banyak dapat menyebabkan luka-luka yang membentuk sariawan.

  • Disebabkan Oleh Penyakit


Sariawan juga dapat disebabkan penyakit khusus, seperti penyakit celiac atau penyakit radang usus. Kondisi tersebut biasanya disertai dengan gangguan pencernaan.

https://lingshenyao.id/obat-endometriosis-herbal/
Disqus Comments