Tuesday, March 26, 2019

Ini Dia Penyebab Sakit Ulu Hati Sampai ke Punggung


Asam lambung naik dapat mengakibatkan rasa sakit pada ulu hati. Kondisi tersebut, biasanya juga disertai dengan kondisi lainnya, seperti mual, muntah, perut kembung dan sendawa, Rasa sakit pada ulu hati yang ditimbulkan oleh naiknya asam lambung ini bahkan dapat menyebar ke atas dada hingga punggung.

Sakit pada ulu hati bisa disebut dengan "epigastrum", yang menjadi bagian dari 9 pembagian lokasi di perut. Ulu hati berada di antara ujung tulang dada bagian bawah dan dibawah lengkung tulang iga. Sakit yang dirasakan oleh bagian tersebut, disebut juga dengan epigastric pain. Terdapat beberapa orang yang mengalami kondisi ini, akan tetapi tidak mengetahui apa penyababnya. Sakit ulu hati yang menyebar ke daerah punggung dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini penyebab sakit ulu hati sampai ke punggung

  • Kram Otot


Kram otot merupakan suatu kondisi dimana terjadinya tarikan pada otot, ligament atau tendon yang disebabkan oleh regangan berlebihan yang terjadi secara mendadak dan dalam waktu yang singkat, serta menimbulkan rasa sakit. Kram otot juga menjadi salah satu penyebab sakit ulu hati sampai ke punggung. Hal tersebut biasanya terjadi setelah makan, tepatnya ketika darah mengalir menuju saluran pencernaan. Selain itu, kram otot juga terjadi akibat melakukan aktivitas yang berlebihan serta kesalahan posisi, baik itu posisi tidur maupun posisi ketika beraktivitas. Faktor pekerjaan juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kram otot.

  • Dispepsida


Dispepsida merupakan suatu kondisi yang menyebabkan timbulnya beberapa gejala berupa nyeri, seperti perasaan tidak nyaman pada perut bagian atas, perut kembung, begah. Gejala lainnya, seperti cepat kenyang, sendawa, nafsu makan menurun, mual, muntah, keringat dingin, sakit kepala,  hingga dada terasa panas. Kondisi tersebut tak jarang menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Peradangan tersebut tentunya mengakibatkan rasa sakit jika mengenai zat asam lambung. Rasa sakit tersebut juga dapat dirasakan di ulu hati dan menyebar ke punggung, dada hingga pusar.

Penyakit dispepsida dapat terjadi akibat tingginya kadar asam lambung yang terdapat dalam tubuh. Hal tersebut umumnya disebabkan karena asupan makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik, seperti makanan pedas, berlemak dan terlalu asam. Selain itu, pola makan yang tidak teratur dan stres juga dapat memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami dari 5 Kebiasaan Ini (Pemicu Sakit Lambung)

  • Penyakit Jantung Koroner


Penyakit jantung koroner juga dapat menyebabkan sakit ulu hati hingga ke punggung. Akan tetapi, banyak orang yang mengira sakit ulu hati pada penyakit jantung koroner merupakan gejala dari penyakit maag. Biasanya sakit ulu hati yang disebabkan oleh penyakit ini, terdapat pada dada bagian kiri yang menjalar ke punggung, lengan kiri, leher hingga rahang. Apabila hal tersebut Anda alami, lebih baik anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena, jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan kondisi tersebut semakin parah dan dapat menyebabkan sesak nafas. Cara termudah untuk menghindari dan mengatasi sakit di ulu hati adalah dengan cara mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista/
Disqus Comments