Tuesday, March 12, 2019

Penyebab Asam Lambung Naik saat Hamil



Asam lambung naik ketika sedang hamil muda merupakan hal yang wajar terjadi. Mengapa begitu? Apa penyebab asam lambung naik saat hamil muda?. Kondisi tersebut terjadi akibat asam lambung yang naik dan mengaliri kerongkongan (esofagus) sehingga mengakibatkan rasa panas pada bagian dada atau yang dikenal dengan istilah heartburn. Naiknya asam lambung pada ibu hamil, disebabkan oleh  hormon ibu hamil yang menyebabkan sistem pencernaan tidak lancar atau lambat. Selain itu, hal tersebut juga dapat disebabkan oleh tekanan pada lambung yang dipengaruhi oleh ukuran rahim yang terus membesar. Asam lambung pada ibu hamil, lebih banyak terjadi di trimester kedua dan ketiga kehamilan. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab asam lambung naik pada ibu hamil dapat dicegah dengan cara-cara berikut :

Baca Juga : Obat Asam Lambung Naik untuk Ibu Saat Hamil

  • Jangan berbaring Setelah Makan


Berbaring setelah makan merupakan hal yang nikmat, terutama untuk ibu hamil. Akan tetapi, berbaring setelah makan ternyata dapat membuat asam lambung naik lebih cepat. Maka dari itu, sebaiknya anda beri jeda setelah makan dengan cara duduk maupun berjalan-jalan kecil selama kurang lebih 2 jam. Hal tersebut akan membuat makanan yang anda konsumsi tercerna dengan baik sehingga terhindar dari asam lambung.

  • Gunakan pakaian yang Longgar


Pakaian yang ketat akan membuat perut ibu hamil tidak nyaman dan kesulitan bergerak. Selain itu, pakaian ketat juga akan berdampak buruk bagi kesehatan janin. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk memakai pakaian yang longgar. Pakaian longgar pada ibu hamil juga akan membuat pernafasan lebih lancar.

  • Makan Sedikit tapi Sering


Menjaga pola makan adalah salah satu cara yang harus dilakukan ibu hamil. Makan dengan porsi kecil selama 2 jam sekali, dapat membantu menurunkan kadar asam lambung pada ibu hamil dan mencegah ibu hamil dari rasa lapar.

  • Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung


Terdapat beberapa makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Makanan-makan ersebut antara lain, makanan yang terlalu asam, makanan pedas, kafein dan soda. Makanan tersebut merupakan pemicu utama naiknya asam lambung.

  • Jangan Merokok


Jika anda seorang ibu hamil yang suka merokok, lebih baik anda berhenti mulai dari sekarang. Rokok memang sangat berdampak buruk untuk kesehatan, terutama ketika Anda hamil. Merokok dapat meningkatkan asam lambung dan membahayakan janin Anda.

https://lingshenyao.id/cara-mengatasi-kista/
Disqus Comments