Sunday, March 24, 2019

Cara Mencegah Fibroid Rahim


Fibroid rahim (tumor rahim) merupakan salah satu jenis tumor jinak yang tidak bersifat kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Setidaknya 3 dari 4 wanita pernah mengalami masalah tersebut dalam hidup mereka. Namun, kondisi tersebut dapat teratasi dengan sendirinya sebelum menimbulkan masalah yang lebih serius. Fibroid rahim sebenarnya tidak begitu berbahaya, bahkan kemungkinannya untuk menjadi kanker pun relatif kecil. Akan tetapi, fibroid yang berukuran besar dapat berkembang dan menyebabkan beberapa masalah yang terjadi pada area perut, dan hal tersebut juga jarang terjadi. Benjolan yang terdapat pada rahim terbentuk dari sel yang sama degan sel yang membentuk dinding rahim (myiometrium). Teksturnya padat dan terasa kenyal dengan bentuk yang cenderung bulat.

Penyebab fibroid rahim itu sendiri, masih belum pasti dan belum ada kejelasannya. Beberapa pakar kesehatan hanya sepakat bahwa, wanita yang sudah berusia subur cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengidap fibroid rahim daripada wanita di usia lainnya. Maka dari itu, penting bagi Anda para wanita untuk melakukan pencegahan fibroid rahim. Bagaimana caranya? Simak ulasan ini hingga selesai..!

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah fibroid rahim :

  • Olahraga Secara Teratur


Fibroid rahim dapat disebabkan oleh hormon yang mirip dengan hormon yang menyebabkan kanker payudara, walaupun sebenarnya fibroid tidak menyebabkan kanker. Wanita yang sering berolahraga, secara tidak langsung dapat mengecilkan kemungkinan untuk terkena fibroid rahim. Semakin Anda aktif secara fisik, maka akan semakin membantu Anda dalam mencegah fibroid. Maka dari itu, berolahragalah secara rutin setiap hari, baik itu olahraga ringan maupun berat agar kesehatan rahim Anda terjaga dengan baik.

  • Jaga Berat Badan


Penelitian menunjukan bahwa, wanita yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) lebih besar kemungkinannya untuk terkena fibroid rahim. hal tersebut disebabkan karena, lebih tingginya kadar hormon estrogen dan progesteron yang terdapat pada wanita dengan berat badan berlebih. Risiko fibroid rahim dapat meningkat dua sampai tiga kali lebih besar pada wanita yang kelebihan berat badan. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap sehat dan terhindar dari fibroid.

Baca Juga : Gejala dan Tanda Mioma Uteri yang Patut Diwaspadai

  • Mengonsumsi Teh Hijau


Teh hijau lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan jenis teh yang mengandung kafein. Teh hijau kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu menjaga rahim agar tetap sehat serta mengobati tumor yang terdapat dalam rahim. Menurut spesialis herbal, wanita yang mengalami fibroid rahim harus mengonsumsi teh hijau secara teratur selama (kurang lebih) 8 minggu.

  • Mengonsumsi Ikan


Mengonsumsi ikan juga dapat membantu Anda untuk mencegah fibroid rahim. Jenis ikan seperti salmon dan mackerel memiliki kandungan asam lemak dan omega 3 yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi produksi hormon prostaglandin dalam tubuh Anda. Hormon tersebut merupakan hormon yang memicu terjadinya kontraksi rahim yang parah dan dapat menyebabkan rahim menjadi malposisi.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-payudara/
    Disqus Comments