Thursday, March 21, 2019

Ini Dia Khasiat Rebung yang Jarang Diketahui


Rebung merupakan tunas yang masih muda, yang tumbuh dari akar bambu. Rebung sering dijadikan sebagai bahan masakan, seperti sayur ataupun isi lumpia. Meski masih banyak orang yang belum mengetahui namanya, rebung memiliki cita rasa yang lezat sehingga dapat meningkatkan selera makan Anda. Selain lezat, rebung memiliki berbgagai macam manfaat unyuk kesehatan. Hal tersebut disebabkan karena kandungan gizi pada rebung yang melimpah dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan gizi rebung (per 100 gram) antara lain adalah, 27 kkal energi, 2,5 gram protein, 5,2 gram karbohidrat, 0,3 gram lemak, 13 mg kalsium, 59 mg fosfor, dan 1 mg zat besi. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam 100 gram rebung pun cukup banyak. Antara lain, 20 IU vitamin A, 0,15 mg vitamin B1, 0,24 mg vitamin B6, 4 mg vitamin C, 1 mg vitamin E, 0,15 mg thiamin, 0,07 mg riboflavin, 59 mg fosfor dan 0,5 mg zat besi.

Jumlah kandungan air yang terdapat pada 100 gram rebung mencapai 90%. Selain itu, kadar gula yang terdapat pada rebung pun lebih rendah dibandingkan dengan sayuran lainnya, yaitu sekitar 2,5%.

Berikut ini beberapa manfaat rebung untuk kesehatan :

  • Sumber Protein


Dalam 100 gram rebung, terdapat sekitar 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung, terdiri dari 17 asam amino esensial dan 2 asam amino semi-esensial.

  • Tinggi Serat


Rebung juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk tubuh. Kandungan serat yang terdapat dalam 100 gram rebung adalah, 6 sampai 8 gram.

  • Menambah Nafsu Makan


Rebung mengandung selulosa yang tinggi, sehingga dapat merangsang nafsu makan Anda. Rasa lezat dan teksturnya, membuat rebung cocok untuk dijadikan makanan pembuka.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Rebung mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalam tubuh manusia.

  • Mengontrol Kolesterol


Rebung mengandung 0 mg kolesterol, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol serta dapat meningkatkan fungsi lipid dan usus.

  • Menurunkan Tekanan Darah


Rebung mengandung banyak kalium, yang dapat bertindak sebagai elektrolit. Makanan yang kaya akan kalium, dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Tekanan darah yang terkendali tentunya dapat mengurangi risiko stroke. Selain itu, kekurangan asupan kalium juga dapat engakibatkan pelunakan otot. Maka dari itu, Anda harus mencukupi kebutuhan kalium dalam tubuh Anda, seperti dengan mengonsumsi rebung.

Baca Juga : Ketahui Ciri Ciri Sakit Maag Kronis (Dapat Menyebabkan Kematian)

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista/


Disqus Comments