Sunday, March 10, 2019

Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Ini untuk Sembuh dari GERD


Jika anda merasakan nyeri pada ulu hati atau merasakan panas dari dada hingga tenggorokan, mungkin anda sedang mengalami gangguan pencernaan yang disebut Gastroesophageal Refluks Disease (GERD). Penyakit ini mirip dengan refluks asam lambung, karena sama-sama menyebabkan nyeri yang berasal dari asam lambung naik. Akan tetapi GERD tidak sama dengan asam lambung. Hal ini disebabkan karena, kenaikan asam lambung pada GERD lebih parah daripada kenaikan asam lambung biasa, sehingga GERD dapat menyebabkan kerusakan pada bagian keronkongan (esofagus). Maka dari itu, penting bagi anda untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang memicu terjadinya GERD berikut ini.

  • Makan Larut Malam


Berbaring setelah makan bisa memperparah GERD yang anda alami. Pada saat dalam keadaan tidur, asam lambung menjadi lebih mudah naik ke tenggorokan. Hal ini disebabkan karena, makan sebelum tidur akan memulai pencernaan  yang dapat memperbanyak produksi asam lambung dalam perut anda. Maka dari itu untuk mencegah asam lambung naik, lebih baik anda menghindari makan dua jam sebelum tidur.

  • Merokok dan Mengonsumsi Minuman Keras


Alkohol yang terdapat pada minuman keras serta tembakau yang terdapat pada rokok, dapat memicu asam lambung naik yang disebabkan oleh adanya tekanan pada bagian bawah kerongkongan yang juga memberi efek pada air liur. Para ahli mengatakan, bahwa alkohol dan tembakau dapat menyebabkan dehidrasi akibat berkurangnya jumlah air liur dalam mulut anda. Jumlah air liur yang sedikit  menyebabkan anda tidak dapat menghilangkan asam lambung dalam perut anda. Sehingga, beberapa asam dapat naik kembali ke kerongkongan.

Baca Juga : Penyakit Gerd Bisa Sembuh Total ? Lakukan Hal Ini (Langkah hindari Maag Kronis)

  • Mengonsumsi Makanan yang Digoreng


Gorengan adalah salah satu makanan yang harus dihindari agar asam lambung tidak naik. Mengonsumsi makanan yang digoreng dapat memicu refluks sehingga menyebabkan rasa panas di lambung dan nyeri di dada. Selain dapat menyebaba asam lambung naik, gorengan juga dapat memicu kolesterol.

  • Mengonsumsi Makanan / Minuman yang Mengandung Kafein


Sebagian besar orang-orang mengalami kenaikan asam lambung setelah mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh maupun coklat. Hal ini disebabkan karena, mengonsumsi kafein dapat melemaskan otot sphincter yang menyebabkan asam lambung meningkat.  Maka dari itu, sebaiknya anda mengurangi konsumsi minuman berkafein untuk menghindari asam lambung naik.

  • Mengonsumsi Permen Karet


Sama seperti kafein, permen karet peppermint dapat menyebabkan otot sphincter melemas, sehingga jumlah asam lambung akan meningkat. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari makanan atau minuman yang mengandung peppermint.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/
Disqus Comments