Monday, March 18, 2019

5 Gejala GERD yang Perlu Anda Ketahui


Apa Anda pernah merasa nyeri pada ulu hati dan dada disertai rasa mual? Jika iya, bisa jadi anda mengalami kenaikan asam lambung (gejala GERD). GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan suatu kondisi, dimana asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus). Hal tersebut menyebabkan rasa mual dan nyeri pada dada disertai rasa terbakar (heartburn). Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, faktor keturunan, pola makan yang salah, merokok, alkohol, kelebihan berat badan (obesitas), dan efek samping obat.

GERD sering kali diabaikan oleh penderitanya karena dianggap sebagai penyakit ringan yang akan hilang dengan sendirinya. Padahal, apabila penyakit ini tidak ditangani sejak dini dapat menyebabkan komplikasi hingga kematian. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala gerd agar dapat ditangani secepatnya. 

Berikut ini gejala gerd ringan yang perlu Anda ketahui :

  • Mulut Terasa Asam dan Pahit


Asam lambung naik, akan membuat zat asam menyebar ke faring (bagian belakang tenggorokan), sehingga mulut terasa asam atau pahit seperti akan tersedak dan muntah (refluks). Gejala ini, biasanya datang pada malam hari ketika tubuh anda sedang berbaring. Kondisi tersebut terjadi akibat mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, pedas dan tidak tepat waktu. Anda dapat mengatasi gejala ini dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menetralkan asam lambung.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami (Tanpa Bahan Kimia)

  • Heartburn


Heartburn merupakan gejala GERD yang paling umum. Kondisi ini, biasanya menimbulkan rasa terbakar dan tidak nyaman di dada tengah bagian bawah terutama setelah makan. Penderita bahkan bisa sampai membungkuk hingga berbaring untuk mencoba meredakan gejala ini.

  • Tenggrorokan Sakit


Gejala asam lambung naik ini hampir mirip dengan gejala flu. Perbedaannya adalah, gejala pada flu disertai dengan gejala lainnya, seperti demam dan bersin-bersin sedangkan pada GERD tidak disertai gejala tersebut. Gejala ini bisa diatasi dengan obat-obatan pereda asam lambung.

  • Mual dan Muntah


Gejala yang satu ini disebabkan oleh rasa nyeri yang berat pada lambung dan ulu hati, sehingga penderita GERD kerap merasa mual dan muntah-muntah, apalagi setelah makan.

  • Sulit Menelan


Asam lambung yang naik secara terus-menerus dapat melukai tenggorokan dan memicu timbulnya jaringan parut atau pembengkakan yang menyebabkan terjadinya penyempitan kerongkongan. Hal tersebut menyebabkan penderita GERD kesulitan dan nyeri saat menelan.

https://lingshenyao.id/obat-miom-herbal/

Disqus Comments