Wednesday, March 13, 2019

Bahaya Penyakit GERD Apabila Dibiarkan


Gastroesofagheal Reflux Disease (GERD) atau yang juga dikenal dengan asam lambung menjadi salah satu penyakit yang sering diabaikkan penderitanya. GERD merupakan kondisi dimana dada terasa nyeri dan panas, yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus). Penyakit ini sering diabaikan oleh penderitanya, lantaran dianggap tidak membahayakan nyawa. Hal tersebut memang benar, akan tetapi GERD jika dibiarkanterus menerus akan menyebabkan berbagai komplikasi. Apa saja bahaya penyakit GERD? Simak penjelasan berikut!

Berikut ini penyakit yang ditimbulkan akibat GERD tidak diobati :

  • Radang Tenggorokan


Asam lambung yang naik mengaliri kerongkongan, dapat menyebabkan iritasi pada lapisan esofagus hingga membengkak dan terasa sakit saat menelan. Kondisi tersebut juga bisa disebut dengan esofagitis.  Selain itu, masalah lain yang terdapat adalah, timbulnya peradangan dan luka pada kerongkongan hingga penyempitan kerongkongan.

  • Heartburn


Heartburn merupakan suatu kondisi, dimana dada atau tenggorokan terasa nyeri dan panas. Hal tersebut terjadi karena, naiknya asam lambung ke kerongkongan. Rasa nyeri tersebut akan semakin menjadi ketika posisi badan Anda membungkuk atau berbaring. Heartburn biasanya hanya terjadi sesekali, dan bisa diatasi oleh obat-obatan yang dijual bebas. Akan tetapi, apabila heartburn sampai mengganggu aktifitas harian Anda, maka diperlukan perawatan medis agar tidak terjadi sesuatu yang buruk untuk kesehatan Anda.

  • Gigi Rusak


Cairan asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mulut, dapat mengikis lapisan luar gigi yang keras (enamel gigi) sehingga gigi menjadi rusak. Hal tersebut biasanya jarang disadari hingga mencapai stadium lanjut.

  • Esofagus Barrett


Penyakit GERD yang dibiarkan terus-menerus selama beberapa tahun, dapat menyebabkan esofagus Barrett. Hal tersebut merupakan salah satu komplikasi serius pada penyakit GERD. Esofagus Barrett, merupakan kondisi dimana jaringan normal yang melapisi esofagus berubah menjadi suatu jaringan yang menyerupai lapisan usus. Penyakit ini memang tidak menimbulkan gejala khusus, akan tetapi kondisi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kanker esofagus yang dapat menyebabkan kematian.

  • Kanker Kerongkongan


Komplikasi penyakit GERD yang paling berbahaya adalah, dapat menimbulkan kanker kerongkongan. Menderita GERD dan membiarkannya terjadi terus-menerus akan meningkatkan risiko kanker kerongkongan. Kanker kerongkongan biasanya ditandai dengan penurunan berat badan, nyeri pada bagian dada dan sulit menelan. Kondisi ini, umumnya terjadi pada orang yang menderita GERD menahun dan usianya diatas 50 tahun.

Cara Mencegah dan Mengatasi GERD


Cara mencegah terjadinya GERD dapat Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, hindari tidur setelah makan dan hindari stress yang berkepanjangan. Selain itu, Anda dapat mengatasi penyakit GERD dengan obat herbal, yaitu dengan mengonsumsi kapsul Metama. Obat herbal ini terbuat dari ekstrak tumbuhan alami dan telah diuji di perguruan tinggi terakreditasi. Kapsul Metama juga telah terdaftar di BPOM dan telah memiliki izin edar.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/


Disqus Comments