Wednesday, March 27, 2019

Penyakit GERD, Penyebab serta Gejalanya


Apa itu penyakit GERD? Gastroesophageal Reflux DIsease (GERD) atau yang lebih dikenal dengan penyakit asam lambung merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar pada dada yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus). Kerongkongan merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menjadi penghubung antara mulut dengan lambung. Penyakit ini merupakan penyakit yang cukup sering terjadi di masyrakat.

Penyakit GERD sering kali diabaikan oleh penderitanya. Hal tersebut disebabkan karena, penyakit ini dianggap bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, apabila hal tersebut dibiarkan terus-menerus akan membuat penyakit GERD yang Anda derita menjadi semakin parah dan menyebabkan komplikasi. GERD yang sudah dalam kondisi parah akan menimbulkan gejala yang cukup menganggu. Gejala tersebut antara lain, sakit tenggorokan, nyeri dada, batuk kronis hingga tubuh yang lemas dan mudah lelah.

  • Penyebab Naiknya Asam Lambung (GERD)

Pada dasarnya, penyakit GERD sendiri disebabkan oleh Lower Esophageal Sphinchter (LES) yang tidak berfungsi dengan baik bahkan tidak berfungsi sama sekali. LES merupakan lingkaran otot yang terdapat pada bagian bawah esofagus. Fungsi dari LES adalah, sebagai pintu otomatis yang akan terbuka saat makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan dan minuman masuk, LES akan kembali menutup untuk mencegah zat asam dan makanan yang sudah berada di lambung tidak naik kembali ke kerongkongan.

JIka LES tidak menutup dengan baik dan menjadi longgar, maka asam lambung dapat keluar dari perut dan menyebabkan penyakit GERD. Beberapa faktor risiko meningkatnya penyakit ini adalah, faktor keturunan, stres, kelebihan berat badan (obesitas), konsumsi obat-obatan tertentu, hamil, hiatus hernia, diabetes melitus atau seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

  • Gejala Penyakit GERD

Berikut ini gejala dari penyakit GERD yang perlu Anda ketahui :

  • Rasa Nyeri pada dada
  • Sensasi terbakar di dada (Heartburn), yang terkadang bisa menyebar hingga kerongkongan
  • Mulut terasa asam atau pahit
  • Batuk-batuk (batuk kering)
  • Kesulitan menelan (disfagia)
  • Rasa tidak nyaman akibat ada benjolan di tenggorokan
  • Mual dan muntah


Gejala tersebut tidak sekaligus muncu kepada penderita GERD. Hal tersebut tergantung dengan tingkat keparahan dari penyakit ini.

Agar terhindar dari penyakit GERD, sebaiknya Anda melakukan pola hidu yang sehat mulai dari sekarang. Penerapan pola hidup sehat merupakan kunci utama agar terhidar dari berbagai macam penyakit. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari GERD adalah, makan teratur, makan dengan porsi sedikit tapi sering, jaga berat badan, hindari memakai pakaian ketat dan berbaring setelah makan, serta jangan merokok dan mengonsumsi alkohol.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista/
Disqus Comments