Thursday, February 21, 2019

Penyebab Jari Tangan Kaku dan Sulit Digerakkan



Jika anda pernah merasakan kaku pada jari-jari tangan dan sulit digerakkan atau terkunci pada suatu posisi tertentu disertai rasa sakit. Maka kemungkinan hal ini disebabkan oleh tendon pada jari tangan yang mengalami peradangan.

Tendon adalah yang menghubungkan antara tulang dan otot. Ketika jari tangan bergerak, tendon dan otot yang berada di bagian lengan dan tangan akan bersama sama menekukkan atau melukruskan jari. Pada kondisi normal, pergerakan ini dapat berjalan tanpa hambatan. Tetapi pada kondisi yang tidak normal, tendon akan membengkak dan meradang. Ketika melakukan pergerakan pun, tendon yang bengkak dan meradang akan tertarik melalui selubung tendon dan menimbulkan bunyi seperti 'klik'.

Gejala yang menandakan jari tangan kaku, biasanya terjadi dipagi hari. Diawali dengan bagian dasar jari yang membengkak dan meradang, serta menimbulkan bunyi 'klik' ketika jari tangan digerakkan. Gejala yang lebih parah adalah ketika jari tangan terkunci pada saat posisinya tertekuk dan sulit untuk dilusruskan tanpa bantuan. Dan bisa juga jari tangan yang terkunci dalam keadaan tertekuk, tiba-tiba lurus dengan sendirinya.
Penyebab jari tangan kaku, mungkin karena jempol atau jari tangan yang lainnya digerakkan secara paksa dan berulang-ulang. Namun, ada penyebab lainnya, seperti asam urat, rematik ataupun diabetes.
Berikut ini penjelasan lebih detail penyebab jari tangan tidak bisa digerakkan :

  • Osteoarthritis pada Tangan

Radang sendi yang menyerang di bagian tangan disebut juga osteoarthritis. Hal inilah yang memicu rasa nyeri pada jari tangan anda. Biasanya ada 3 jari yang terasa nyeri, yaitu bagian tengah sendi jari, pangkal ibu jari, dan juga sendi yang paling dekat dengan ujung jari.
Ketika terjadi osteoarthritis pada bagian tangan anda, jari tangan akan kau, mengalami pembengkakkan dan terasa sakit bahkan munculnya benjolan sehingga anda akan kesulitan untuk menggenggam sesuatu. Sakit yang dirasakan mungkin bisa menghilang secara perlahan-lahan, Namun tidak dengan benjolannya.
Punggung tangan atau bagian belakang jari mungkin akan muncul kista yang menyakitkan. Bahkan, jari yang bengkak dan mengalami peradangan juga dapat bengkok ke samping. Dalam kondisi lain, mungkin akan timbul benjolan di bagian dasar jempol yang menyebabkan rasa sakit sehingga membuat anda terganggu ketika menjalankan aktifitas yang menggunakan tangan.

  • Asam Urat (Pirai)

Pirai merupakan suatu radang sendi yang menyebabkan rasa perih dan membuat sendi kaku sehingga sulit untuk bergerak. Pirai disebabkan oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah ataupun disebabkan dengan berat badan yang berlebih (obesitas).  Jika tidak segara diatasi, lama kelamaan pirai dapat merusak tendon, sendi dan jaringan lainnya. Biasanya, pirai lebih banyak terjadi pada pria.

  • Rematik

Rematik atau yang dikenal dengan istilah medis rheumatoid arthritis merupakan salah satu penyakit radang sendi yang disebabkan oleh gengguan autoimun, yaitu suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh justru malah menyerang jaringan tubuh anda sendiri.
Gangguan peradangan yang disebabkan oleh rematik, dapat menyerang bagian kecil pada sendi tangan dan kaki anda. Lebih tepatnya pada selaput yang membungkus cairan sendi (membran sinovial). Pada kondisi ini akan menimbulkan pembengkakkan yang terasa sakit, perubahan bentuk sendi hingga erosi tulang.

Disqus Comments