Tuesday, February 19, 2019

Kenali Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan Ini


Anda mungkin pernah merasakan sakit disertai dengan sensasi panas tepat di bagian atas perut dan di bawah tulang dada anda. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh gangguan pencernaan atau yang dikenal dengan istilah dispepsia. Gangguan pencernaan juga bisa jadi merupakan pertanda adanya masalah lain sepert penyakit maag, gastroesophageal reflux (GERD) dan kandung empedu.
Apabila gangguan pencernaan yang dialami sudah parah, maka dapat menyebabkan masalah permanen dengan sistem pencernaan anda, seperti pada jaringan esofagus atau bagian perut anda. Oleh karena itu, kenali penyebab gangguan pencernaan agar anda dapat menghindar dari serangan penyakit-penyakit yang disebabkan gangguan sistem pencernaan. 
Berikut ini pemicu yang menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan :

  • Mengkonsumsi Alkohol

Mengkonsumsi minuman keras seperti alkohol sangatlah buruk untuk kesehatan tubuh. Alkohol dapat menyebabkan peradangan pada perut, yang tentunya hal ini akan mengganggu proses pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi penting dalam tubuh. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan peradangan pada pankreas yang membuat anda mual dan muntah-muntah.

  • Pola Makan Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur juga merupakan salah satu penyebab gangguan pencernaan. Makan tidak teratur akan menurunkan energi pada tubuh anda yang digunakan untuk mencerna dan menyerap makanan. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan membutuhkan asupan makanan secara teratur agar dapat bekerja dengan baik.

  • Kurang Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Dalam buah dan sayur terdapat banyak vitamin yang nantinya akan diserap oleh sistem pencernaan. Selain itu vitamin yang ada berfungsi untuk membersihkan rongga usus yang terdapat di perut.

  • Ada Riwayat Maag

Disaat sedang mengalami maag, maka itu juga akan menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan karena kondisi lambung yang sedang tidak baik sehingga pencernaan pun akan ternganggu.

Setelah mengetahui penyebab terjadinya gangguan pencernaan, ada baiknya anda melakukan pencegahan. Seperti dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur, tidak meminum minuman beralkohol dan selalu menjaga pola makan yang sehat dan teratur.

Disqus Comments