Monday, February 25, 2019

5 Manfaat Mengkonsumsi Buah Ceri yang Perlu Anda Ketahui



Buah ceri merupakan buah yang sering dijadikan hiasan pada makanan. Buah ini memiliki warna merah segar dan rasa yang manis. Namun, selain memiliki warna dan bentuk yang cantik, ceri juga dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ceri memiliki kandungan yang istimewa, yaitu anthocyanin yang berfungsi untuk mengatur detak jantung serta menjaga waktu tidur anda. Selain itu, ceri juga mengandung anti oksidan, vitamin A, vitamin C dan juga mineral yang baik untuk tubuh.

Mari kita bahas satu persatu mengenai, apa saja manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasan berikut!

  • Mengatasi Radang dan Nyeri Sendi


Adanya peradangan dan nyeri pada sendi, tentunya akan terasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Nah, maka dari itu anda dapat mengkonsumsi buah ceri untuk meredakan radang serta nyeri pada sendi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa, minum jus ceri dua kali sehari secara rutin selama tiga minggu, efektif dalam mengurangi nyeri sendi secara signifikan. Selain itu, buah ceri juga dipercaya dapat mengurangi dan mengobati gejala asam urat jika anda rutin mengkonsumsinya.

Baca Juga : Penderita Penyakit Asam Urat Hindari Makanan Ini!

  • Membantu untuk Tidur Lebih Cepat


Tidak seimbangnnya hormon dalam tubuh, stres dan terlalu banyak pikiran, kerap membuat waktu tidur anda terganggu. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka akan meningkatkan obesitas, tekanan darah tinggi hingga diabetes.

Seorang ahli gizi (Tara Gidu Collingworth, RD), menyarankan agar anda yang mengalami kesulitan untuk tidur, mencoba meminum segelas jus buah ceri (lebih baik tanpa gula) sebelum tidur atau setelah bangun tidur dan sebelum makan. Hal ini disebabkan karena buah ceri mengandung banyak melatonin yang berperan dalam mengatur siklus bangun-tidur.

  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah


Buah ceri mengandung polifenol yang tinggi. Polifenol adalah sejenis antioksidan yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Para ilmuwan Inggris juga mengemukakan bahwa, dengan mengkonsumsi jus buah ceri akan lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah setelah tiga jam dikonsumsi.

  • Membantu Mengendalikan Gula Darah


Buah ceri merupakan salah satu buah yang cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Buah ini dapat menekan gula darah dalam tubuh sehingga menjadi normal. Penderita diabetes dapat mengkonsumsi buah ceri sebagai makanan diet. Namun perlu di ingat, makanlah buah ceri yang segar, jangan buah ceri yang telah diolah dan diberi pemanis tambahan.

  • Mencegah Kanker


Terdapat banyak sekali kandungan dalam buah ceri yang baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, mineral, antioksidan, Ellagic acid, melatonin, anthocyanin, bioflavonoid dan perillyl. Dengan banyaknya kandungan tersebut, maka tak heran jika mengkonsumsi buah ceri dapat menangkal radikal bebas yang akan memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

https://lingshenyao.id/pengobatan-tumor-otak/
Disqus Comments