Sunday, February 24, 2019

Penyebab Jari Tangan Kaku dan Cara Mengatasinya



Apakah anda pernah mengalami jari tangan kaku dan bengkak? Hal ini tentunya membuat anda terganggu dan kesulitan untuk menjalankan aktivitas seperti biasanya. Seseorang dapat kehilangan kemampuannya untuk mencengkram sesuatu dikarenakan rasa sakit yang diderita. Biasanya kaku dan bengkak pada jari tangan dirasakan secara bertahap, jadi tidak secara tiba-tiba. Hilangnya mobilitas pada jari tangan ini, bisa disertai rasa sakit maupun tidak. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Disini kita akan bahas satu persatu penyebab kaku pada jari tangan.

  • Kontraktur Dupuytren

Kontraktur dupuytern merupakan suatu kondisi yang memengaruhi tangan. Dupuytren menyebabkan jari-jari tangan kehilangan kelenturan seningga menjadi kaku. Kondisi ini berpengaruh pada lapisan jaringan yang terletak pada bagian bawah kulit telapak tangan. jaringan tersebut menjadi tebal dan mendesak sehingga membentuk semacam benang tebal yang akan menarik satu atau beberapa jari tangan sehingga posisi jari tertekuk. Akibatnya, jari tangan kaku, kesulitan dalam berjabat tangan, kesulitan meletakkan tangan disaku, dan kesulitan melakukan gerakan-gerakan ringan lainnya. Pemulihan jari tangan yang berada dalam posisi menekuk untuk diluruskan dapat dilakukan dengan cara pembedahan excising atau menghapus kabel (tendon) pada fasia palmaris, mengiris (tanpa membuang tendon) dan menyuntikan xiaflex. 

  • Trigger Finger

Trigger finger merupakan suatu kondisi dimana anda akan merasakan nyeri saat menekukkan atau meluruskan jari. Dalam kondisi normal, lapisan tendon yang mirip terowongan dimana tendon menggelincir untuk membuat sebuah gerakan membengkak. Sehingga menyebabkan rasa nyeri ketika anda akan menggerakkan jari anda bahkan jari-jari tangan dapat terkunci dalam satu posisi. Gejala yang menandakan jari tangan kaku akibat trigger finger adalah, jari tangan yang tertekuk tidak bisa diluruskan tanpa bantuan, dan akan terasa sakit apabila dipaksakan. Cara untuk memulihkan trigger finger adalah dengan menyuntikkan koriston sebagai pengobatan pertama.

  • Radang Sendi

Kaku pada jari tangan memang tidak selalu berhubungan dengan peradangan sendi (arthritis). Namun, arthritis merupakan salah satu penyebab utama dari kekakuan jari tangan. Peradangan sendi mengakibatkan beberapa jari tangan kaku terutama di pagi hari ketika bangun tidur. Radang sendi adalah hilangnya tulang rawan yang menutupi ujung tulang yang berfungsi dalam pergerakkan halus pada sendi. Hal ini dapat disebabkan oleh keausan, kelainan genetik dan luka-luka seperti patah tulang. Pemulihan radang sendi bisa dilakukan dengan cara suntik steroid pada sendi, mengkonsumsi obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) atau operasi.


Jika penyebab kekakuan pada jari anda masih belum jelas. Maka disarankan untuk segera memeriksanya ke dokter, khususnya dokter spesialis bedah tulang agar mendapat informasi yang lebih jelas.

Disqus Comments