Sunday, February 17, 2019

Waspadai Komplikasi Asam Urat Ini



Asam urat merupakan sebuah penyakit yang menyerang persendian anda. Asam urat biasanya dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Gejala asam urat juga berbeda-beda pada setiap orangnya, ada yang hanya mengalami satu kali asam urat tanpa kambuh dan ada juga yang kambuh terus-terusan. Untuk itu anda harus hati-hati jika asam urat yang anda alami berkepanjangan karena dapat memicu komplikasi asam urat. Berikut daftar komplikasi penyakit asam urat beserta penjelasannya.

  • Muncul Benjolan Keras (Tophi)

Tophi merupakan salah satu komplikasi penyakit asam urat yang paling umum. Hal ini ditandai dengan penumpukan kristal-kristal asam urat dibawah permukaan kulit. Tophi bisa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti pada jari, siku, tangan, kaki, telinga, lutut, serta di sekitar area mata.

Meski rasanya tidak sakit, tophi bisa membengkak dan mengeras saat asam urat kambuh. Bila tidak segera di obati, akan terjadi kerusakan sendi yang lebih parah akibat gumpalan kristal asam urat tadi.

  • Batu Ginjal

Komplikasi asam urat yang harus anda waspadai adalah batu ginjal. Kristal asam urat yang terbentuk dari dalam ginjal akan menumpuk di saluran kemih dan memicu terjadinya batu ginjal jika dibiarkan begitu saja.

  • Sakit Ginjal Kronis

Ginjal merupakan organ yang sangat penting dalam membantu mengeluarkan zat toksik didalam tubuh. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mengeluarkan zat-zat sampah seperti asam urat dan urin didalam tubuh. Hal ini lama kelamaan dapat akan memicu sakit ginjal kronis.
Ketika seseorang mengalami sakit ginjal kronis, maka orang tersebut akan lebih sering terkena asam urat, begitupun sebaliknya, orang yang terkena asam urat juga beresiko terkena sakit ginjal kronis.

  • Deformitas Sendi

Deformitas sendi adalah terjadinya perubahan bentuk pada sendi. Asam urat yang dibiarkan terjadi dan tidak diobati, serta asam urat berkepanjangan akan membuat jaringan sendi anda semakin rusak. Hal ini mengakibatkan sendi anda keluar dari jalur sehingga sulit untuk digerakkan.

Disqus Comments