Monday, February 18, 2019

Pentingnya Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini


Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah jaringan sel kanker yang tumbuh dan berkembang di area leher rahim yang sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus yaitu Human Papiloma Virus (HPV). Virus ini dapat ditularkan melalui hubungan sexual baik itu dengan cara oral, anal, ataupun vaginal. Sebenarnya kanker serviks dapat disembuhkan jika terdiagnosis sejak dini. Namun, akan lebih baik jika anda melakukan pencegahan terhadap munculnya kanker serfiks. Begini cara mencegah kanker serviks yang benar.

  • Melakukan Pemeriksaan Pap Smear Secara Rutin

Salah satu cara terbaik untuk melakukan pencegahan kanker serviks adalah dengan cara pap smear. Pemeriksaan pap smear dilakukan agar anda dapat mengetahui ada atau tidaknya keadaan yang tidak normal pada serviks sejak dini. Dalam pap smear terdapat metode screening yang berperan untuk mendeteksi sel-sel dalam rahim yang berpotensi menjadi kanker.
Pemeriksaan pap smear ini disarankan untuk dilakukan secara rutin. Bagi anda yang berusia 21 sampai 30 tahun pemeriksaan secara rutin dilakukan setiap 3 tahun sekali. Sedangkan bagi anda yang berusia diatas 30 tahu, maka anda disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan pap smear setiap 5 tahun sekali. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan pap smear.

  • Melakukan Vaksin HPV

Selain melakukan pemeriksaan pap smear, melakukan vaksin HPV adalah hal yang tidak kalah penting untuk mencegah munculnya kanker serviks. Hal ini karena sebagian dari penyebab kanker serviks adalah virus HPV itu sendiri.
Bagi anda pria dan wanita yang berusia 9 sampai 26 tahun, anda disarankan untuk melakukan vaksin ini. Idealnya vaksin HPV diberikan kepada mereka yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Namun, jika orang dewasa yang aktif secara seksual belum pernah melakukan vaksin ini, maka sebaiknya segera melakukan vaksin. Akan tetapi wanita yang sudah aktif secara seksual anda harus melakukan pemeriksaan pap smear terlebih dahulu, karena vaksin HPV bisa didapatkan jika hasil pemeriksaan pap smear normal.
Meski sudah mendapatkan vaksin HPV, anda harus tetap menjaga pola hidup sehat dan rutin melakukan pap smear karena, meski vaksin HPV dapat mengurangi risiko terkenyanya kanker serviks bukan berarti anda bebas sepenuhnya dari jeratan kanker serviks.

  • Jangan Merokok

Merokok adalah salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks. Hal ini disebabkan karena rokok memiliki sifat oksidatif sehingga memicu timbulnya sel kanker. Maka dari itu berhentilah merokok dan mulai pola hidup sehat.

  • Menjaga Kebersihan Vagina

Menjaga kebersihan vagina juga merupakan hal yang tidak kalah penting dalam hal pencegahan kanker serviks. Setiap wanita harus menjaga kebersihan vaginanya terutama ketika haid dan keputihan. Cairan antiseptik pembersih area kewanitaan yang mengandung povidone iodine dapat anda gunakan untuk menjaga kebersihan vagina anda.

  • Melakukan Seks dengan Cara yang Aman

Penyebaran virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks ini terjadi akibat melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Disarankan untuk menggunakan pengaman ketika hendak melakukan hubungan seksual agar risiko tertularnya HPV berkurang.
Hal lain yang tidak boleh dilakukan adalah seringnya berganti-ganti pasangan seksual, karena akan semakin menambah risiko menularnya HPV.
Disqus Comments