Wednesday, February 20, 2019

Ini yang Terjadi Pada Kanker Rahim Stadium 3



Kanker serviks atau kanker rahim  merupakan salah satu jenis kanker yang dapat menyebabkan kematian pada seorang wanita. Kanker ini disebabkan oleh inveksi Human Papiloma Virus (HPV) yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Banyak wanita tidak menyadari gejala kanker serviks dan baru memeriksanya setelah stadium lanjut. sehingga sulit untuk disembuhkan.

Kanker rahim stadium 3 merupakan tingkat kanker serviks yang mulai sulit unutk disembuhkan. Hal ini disebabkan karena kanker sudah menyebar keluar rahim, akan tetapi masih berada didalam area panggul.  Pasien yang ditetapkan sebagai penderita kanker rahim stadium 3 diperkirakan memiliki tingkat kelangsungan hidup selama 5 tahun dengan persentase yang cukup tinggi yakni 47% sampai 58%. Persentase ini bahkan bisa lebih besar dari tingkat kelangsungan hidup.

Pada kanker rahim stadium 3 ini, terdapat 4 tahapan yang perlu diketahui, yaitu :

  • Stadium 3 A ( T3a, N0, M0 ) : Pada tahap ini, kanker telah menyebar ke ovarium atau tuba falopi dan permukaan luar rahim (serosa). Kanker belum menyerang kelenjar getah bening atau organ tubuh lainnya.
  • Stadium 3 B ( T3b, N0, M0) : kanker telah menyebar ke jaringan di sekitar area  rahim atau vagina. Kanker belum menyerang kelenjar getah bening atau organ tubuh lainnya.
  • Stadium 3 C1 ( T1 - T3, N1, M0) : Kanker tumbuh di badan rahim dan kemungkinan telah menyebar ke beberapa didekatnya. Namun, kanker belum menyebar kandung kemih. Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening pada panggul, tetapi tidak ke area yang lebih jauh seperti aorta.
  • Stadium 3 C2 ( T1 - T3, N2, M0) : Kanker tumbuh di badan rahim dan kemungkinan telah menyebar ke beberapa didekatnya . Namun, kanker belum menyebar kandung kemih. Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening yang berada disekitar artoa, tetapi tidak ke area yang lebih jauh.
Keterangan :

T = Ukuran tumor.
N = Node, menunjukan kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening atau belum.
M = Metasis, menunjukan kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain atau belum.

Maka dari itu penting untuk mengetahui gejala kanker serviks, agar bisa segera ditangani sejak dini.



Disqus Comments